Setelah Ngebut, Rupiah Masuk Pitstop Dulu

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
20 January 2020 08:12
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah terbatas di perdagangan pasar spot pagi ini. Sepertinya pelemahan rupiah hanya sekadar koreksi teknikal setelah penguatan yang tajam beberapa waktu terakhir.

Pada Senin (20/1/2020), US$ 1 dihargai Rp 13.635 kala pembukaan perdagangan pasar spot. Rupiah melemah tipis 0,04% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Selama minggu kemarin, rupiah menguat 0,91%. Sedangkan sejak akhir 2019 atau year-to-date, penguatan rupiah mencapai 1,9%. Rupiah bukan lagi mata uang terkuat di Asia, tetapi juga di dunia.


Refinitiv


Oleh karena itu, rupiah tentu rentan terkena ambil untung (profit taking). Cuan gede yang didapat dari rupiah tentu menggoda investor untuk mencairkannya. Tekanan jual membuat rupiah terkoreksi, meski tipis saja. Koreksi yang masih sehat, karena kalau penguatan rupiah tidak terkendali justru menciptakan penggelembungan nilai aset (asset bubble).

Namun secara fundamental, posisi rupiah masih cukup kuat sehingga investor nyaman memegang mata uang Tanah Air. Pada Desember 2019, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia masih defisit tepatnya minus US$ 28,2 juta. Meski tekor, tetapi jauh lebih sedikit ketimbang ekspektasi. Konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia memperkirakan defisit neraca perdagangan hampir US$ 500 juta pada Desember 2019.



Dengan defisit perdagangan yang minim, neraca dagang Indonesia pada keseluruhan 2019 adalah US$ 3,19 miliar. Lagi-lagi walau defisit tetapi jauh melandai dibandingkan 2018 yang negatif US$ 8,69 miliar.

Ini menunjukkan aliran devisa dari ekspor-impor membaik ketimbang 2018. Dengan terciptanya damai dagang AS-China, maka ada harapan kinerja ekspor akan membaik tahun ini sehingga arus devisa semakin kuat.




Modal Asing Deras Mengalir
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading