Bikin Sovereign Wealth Fund, RI Bisa Kebanjiran Rp 280 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
16 January 2020 10:57
Bikin Sovereign Wealth Fund, RI Bisa Kebanjiran Rp 280 T Foto: Presiden RI Joko Widodo di acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020 (OJK TV)
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Jokowi mengatakan Omnibus Law yang sedang difinalisasi oleh pemerintah yang akan memasukkan juga sektor jasa keuangan dalam aturan tersebut. Hal yang akan diatur dalam Omnibus Law adalah sovereign wealth fund atau badan usaha pengelola investasi negara.

Menurut Jokowi, ketika aturan tersebut selesai maka dana asing akan mengalir deras ke Indonesia hingga bernilai US$ 20 miliar atau setara dengan Rp 280 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$) 


"Begitu itu keluar, saya sudah bisik bisik ke ketua OJK ke Gubernur BI. Begitu aturan itu kita dapat akan ada inflow min 20 miliar bukan rupiah tapi USD," ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK), Kamis (16/1/2020).


Jokowi menegaskan bahwa perumusan draf RUU Omnibus Law akan selesai pekan ini dan akan diserahkan kepada DPR pada pekan pekan.

"Saya akan angkat jempol saya bila pembahasan Omnibus Law bisa selesai dalam 3 bulan," ujar Jokowi.

Omnibus Law merupakan suatu UU yang dibuat untuk menyasar satu isu besar yang mungkin dapat mencabut atau mengubah beberapa UU sekaligus.


[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading