Pool Taksi Blue Bird Dilanda Banjir, Saham BIRD Malah Melesat

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 January 2020 09:34
Operator taksi PT Blue Bird Tbk. (BIRD) menyebutkan operasional armada taksi milik perusahaan tetap berjalan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Operator taksi PT Blue Bird Tbk. (BIRD) menyebutkan operasional armada taksi milik perusahaan tetap berjalan dengan normal kendati banjir masih terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya, ditambah dengan adanya pool taksi yang tak beroperasi.

Head of Investor Relation Blue Bird Michael Tene mengatakan perusahaan telah melakukan penyesuaian operasional menyusul terendamnya pool taksi yang berlokasi di Kramatjati, Jakarta Timur. Pemesanan taksi juga dipastikan dapat dilakukan seperti biasa dengan channel pemesanan yang ada.

"Saya pastikan bahwa kami tetap hadir melayani seluruh customer dan kami telah melakukan beberapa penyesuaian operasi untuk memastikan layanan Blue Bird tetap hadir terutama di saat-saat seperti ini," kata Michael kepada CNBC Indonesia, Kamis (2/1/2020) malam.


Menariknya, pada perdagangan saham hari ini, Jumat (3/1/2020), di sesi I, saham BIRD justru menguat 2,69% di level Rp 2.670/saham pada pukul 09.14 WIB. Dalam 30 hari perdagangan terakhir, saham BIRD juga melesat 22% dengan kapitalisasi pasar Rp 6,68 triliun. 

Tercatat nilai perdagangan hari ini Rp 209,97 juta dengan volume perdagangan 78.900 saham. Asing tercatat keluar hari ini Rp 48,24 juta.


Lebih lanjut, Michael menjelaskan, mengenai pool taksi yang tak beroperasi akibat tergenang banjir, menurut dia saat ini perusahaan masih belum mengkalkulasikan kerugian yang diderita perusahaan.

Namun dipastikan seluruh unit kendaraan dan aset yang terdampak telah diasuransikan.

"Fokus kami adalah dalam memastikan layanan berjalan normal dan juga memastikan keselamatan para pengemudi dan karyawan yang terkena dampak banjir ini," terang dia.

Akibat hujan deras yang terjadi pada hari ini, Rabu (1/01/2019), Pool taksi Blue Bird di Kramat Jati, Jakarta Timur, terendam air lebih dari 1 meter.

"Di pool Kramat Jati belakang Pasar Hek, Jalan Pondok Gede," kata Kapusdatinkom BNPB, Agus Wibowo, dikutip dari Detikcom, (1/1/2020).

Pool Terendam Banjir, Berapa Kerugian Blue BirdFoto: Banjir di Jakarta rendam mobil-mobil yang terparkir di Pool Bluebird. (Twitter BNPB)


Terlihat dari foto yang beredar, mobil taksi jenis sedan yang terparkir terendam hingga bagian atas. Agus menduga penyebab banjir karena sungai di sekitar lokasi meluap.

"Itu tingginya setinggi kap mobil, itu tulisan Blue Bird-nya itu aja yang muncul. Kita lihat di sini, ini kira-kira mobilnya sedan, kira-kira 1 meter lebih. Infonya dari intelijen, dari Polda Metro betul ini. 30 cm lebih ini, muncul Blue Bird-nya aja ini," ucap Agus.

"Di situ kan ada sungai Kramat Jati yang lewat pasar itu, belakang Jalan Raya Bogor itu kan. Itu dari sungai itu yang meluapnya, di samping [karena] genangan di sekelilingnya," ujar Agus.

Selain pool Blue Bird di Kramat Jati, beberapa pool lain juga tergenang banjir. Pada Selasa (1/1/2020) Direktur Marketing Blue Bird Amelia Nasution menyampaikan, beberapa pool dari Bluebird Group mengalami kebanjiran akibat dari luapan air deras yang mengguyur kota Jakarta dan sekitarnya.

Amelia mengatakan masih mendata jumlah kendaraan yang terkena dampak banjir. "Untuk jumlah armada masih kami data," kata Amelia, karenanya untuk kerugian belum bisa kami konfirmasi," kata Amelia.

[Gambas:Video CNBC]


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading