Dirut Diganti, Antam Evaluasi Kerja Sama dengan China

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
19 December 2019 14:14
Review kerja sama ini menyusul penggantian tiga direksi perusahaan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar hari ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) menyebutkan akan melakukan evaluasi kembali terhadap perjanjian kerja sama yang sudah ditandatanganinya dengan dua partnernya asal asing. Review kerja saham ini dilakukan menyusul penggantian tiga direksi perusahaan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar hari ini.

Direktur Niaga Antam Aprilandi Hidayat Setia mengatakan review kerja sama ini berkaitan dengan pergantian direksi perusahaan, meski penggantian dilakukan dengan menempatkan pihak internal dari induk usaha perusahaan.

"[Kerja sama] Dalam evaluasi, akan konsolidasi internal terlebih dahulu dengan tiga tim direksi baru yang memang bertiga ini sudah bukan orang baru di Antam. Pak Dana Amin sebelumnya di Inalum, Pak Anton juga dari Inalum, Pak Risono internal antam. Apa Yang bisa dilakukan akan dipertimbangkan," kata Aprilandi di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Beberapa kerja sama yang dimaksud adalah yang baru-baru ini ditandatangani Antam dengan dua perusahaan China yakni Zhejiang Huayou Cobalt Company dan Shandong Xinhai.


Lebih rinci, kerja sama dengan Zhejiang Huayou Cobalt Company Ltd dilakukan untuk memproses nikel untuk katoda, yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk baterai kendaraan listrik (EV). Diperkirakan, kerjasama ini akan membutuhkan investasi sekitar US$ 6 miliar-US$ 12 miliar.

Dalam kerja sama ini disebutkan bahwa Antam dan partnernya ini juga menggandeng PT Pertamina (Persero) yang akan memproses katoda menjadi baterai EV.

Sementara itu, untuk kesepakatan kedua, yakni dengan Shandong Xinhai, dalam proyek feronikel di Pulau Gag, Papua. Proyek ini diprediksi akan membutuhkan investasi sekitar US$ 1,2 miliar. Proyek ini memiliki kapasitas produksi yang direncanakan sekitar 40.000 ton feronikel dan 600.000 stainless steel.

[Gambas:Video CNBC]


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading