Caplok Rabobank, Bos BCA: Saat Bank Nasional Akuisisi Asing!

Market - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
12 December 2019 07:55
Caplok Rabobank, Bos BCA: Saat Bank Nasional Akuisisi Asing!
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) resmi mengakuisisi saham PT Bank Rabobank International Indonesia (Rabobank Indonesia) dari Grup Rabobank.

Transaksi ini mengikuti rencana Grup Rabobank untuk menghentikan operasional di Indonesia seturut dengan perubahan pada strategi global grup. Akuisisi ini ditandai dengan penandatangan perjanjian jual beli bersyarat (conditional sale and purchase agreement atau CSPA) antara kedua pihak pada 11 Desember 2019, yang tunduk pada persetujuan OJK.

"Berdasarkan perjanjian, para pembeli [BCA Finance] akan membeli sebanyak 3.719.070 saham Rabobank Indonesia yang mewakili seluruh modal yang ditempatkan dan disetor oleh para penjual," kata Raymon Yonarto, Sekretaris Perusahaan BCA, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (11/12/2019).


"Nilai perkiraan rencana transaksi adalah sebesar Rp 397 miliar, nilai tersebut akan dilakukan penyesuaian dengan memperhitungkan pendapatan atau kerugian Rabobank Indonesia pada saat tanggal penyelesaian rencana transaksi," tegasnya.

Nah Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan nantinya Rabobank bakal bersatu dengan salah satu entitas anak BCA.

"Sesekali bank Nasional akuisisi bank asing yang di Indonesia," kata Jahja.

"Nantinya Rabobank akan digabung dengan salah satu entitas anak BCA. Namun belum ditetapkan yang mana," imbuh Jahja saat berbincang dengan CNBC Indonesia.







[Gambas:Video CNBC]




(sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading