Genjot Pertumbuhan AUM, MMI Andalkan Pemasaran Digital

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
10 December 2019 10:10
PT Mandiri Manajemen Investasi menempati posisi teratas di industri pengelolaan investasi, baik dari dana kelolaan reksa dana maupun dana kelolaan.

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Mandiri Manajemen Investasi menempati posisi teratas di industri pengelolaan investasi, baik dari dana kelolaan reksa dana maupun dana kelolaan produk alternatif.

Data industri sepanjang 10 bulan pertama 2019 menunjukkan manajer investasi yang dipimpin Nurdiaz Alvin Pattisahusiwa tersebut memiliki dana kelolaan reksa dana senilai Rp 44,51 triliun. Jika ditambah produk alternatif maka dana kelolaan perseroan mencapai Rp 56,98 triliun.

Dana kelolaan tersebut sudah mencakup produk reksa dana serta kontrak pengelolaan dana nasabah individu (PDNI) dan meningkat 6,6% dari posisi akhir tahun lalu yang senilai Rp 53,43 triliun.

Beberapa produk unggulan lain Mandiri Manajemen Investasi yang lahir dari inovasi adalah produk-produk investasi alternatif yaitu reksa dana penyertaan terbatas (RDPT/private equity fund), efek beragun aset (EBA, asset backed securities), dan dana investasi infrastruktur (Dinfra).

Total produk investasi alternatif yang pernah diterbitkan perseroan adalah Rp 6,49 triliun, terdiri dari RDPT Rp 2,67 triliun, EBA Rp 2,82 triliun, dan Dinfra Rp 1 triliun.


Tingginya dana kelolaan manajer investasi yang merupakan anggota dari Grup Bank Mandiri itu menjadi alasan utama perusahaan dinobatkan sebagai The Best Asset Management dalam gelaran CNBC Indonesia Awards 2019.

Selain faktor dana kelolaan, inovasi perseroan juga dianggap lebih unggul dibandingkan dengan manajer investasi lain yang ada di Indonesia.

Hal tersebut salah satunya ditunjukkan dengan pengembangan jalur pemasaran. Jaringan distribusi perusahaan tidak hanya mengandalkan agen penjual tetapi juga melalui sistem pemasaran internal dengan mengembangkan aplikasi dan situs investasi bernama MoInves.

Selain memiliki fasilitas kalkulator investasi dan pengalihan reksa dana (switching), MoInves juga didukung oleh sistem registrasi yang sudah full digital.

Sistem yang sudah sepenuhnya digital tersebut memungkinkan individu yang ingin membuka rekening MoInves tidak perlu membubuhkan tangan tangan basah dan dengan kewajiban kelengkapan dokumen yang dipermudah (hanya KTP dan nomor rekening tabungan).

MoInves juga menawarkan beberapa kemudahan yaitu minimal investasi yang rendah dan dimulai dari Rp 10.000 pada produk reksa dana pasar uang.


[Gambas:Video CNBC]

Salah satu reksa dana pasar uang yang masih dijual secara eksklusif di MoInves dan tidak ditawarkan kepada investor individu lain adalah produk baru bernama Mandiri Investa Pasar Uang 2 (MIPU 2).

Produk reksa dana MIPU 2 tersebut memiliki keunggulan sebagai salah satu bentuk inovasi dari Mandiri Manajemen Investasi.

MIPU 2 dapat dicairkan di hari yang sama dengan perintah transaksi pencairan (T+0), di mana reksa dana lain minimal periode pencairan (redemption) adalah berselang sehari setelahnya (T+1) hingga 7 hari (T+7).

TIM RISET CNBC INDONESIA



(irv/irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading