Ikatan Awak Kabin Gembira Erick Thohir Pecat Dirut Garuda

Market - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
06 December 2019 15:52
Ikatan Awak Kabin Gembira Erick Thohir Pecat Dirut Garuda
Jakarta, CNBC Indonesia - Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) menggelar konferensi pers terkait penyelundupan Harley Davidson milik Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Ari Askhara di RA Residence, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Dalam paparannya, Ketua IKAGI Zaenal Muttaqin menyambut baik langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir memberhentikan Ari.

"Kami sangat mendukung respons cepat Pak Erick," ujar Zaenal.


Terlepas dari penyelundupan Harley Davidson, Ia menilai kepemimpinan Ari diwarnai sederet kontroversi yang merugikan karyawan maupun penumpang. Salah satu di antaranya adalah pemalsuan laporan keuangan Garuda Indonesia tahun lalu.


"Kebijakan ini sangat merugikan Garuda Indonesia," kata Zaenal.


Dari sisi internal, kebijakan kontroversial Ari antara lain penghentian iuran bagi IKAGI, pembentukan serikat pekerja tandingan IKAGI, melakukan PHK tanpa dasar, hingga penerapan jam kerja yang berlebihan tanpa istirahat.

"Maka kami sangat bersyukur bahwa Pak Erick sudah memecatnya. Masih banyak direksi yang melakukan kebijakan-kebijakan yang berpotensi merugikan pekerja. Semoga jajaran Garuda Indonesia ke depan bisa diisi oleh sosok yang baik," ujar Zaenal.

CNBC Indonesia sudah mencoba mengonfirmasi segala tudingan IKAGI kepada Ari. Namun, hingga berita ini ditulis, belum diperoleh konfirmasi dari dirut yang ditunjuk dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada Rabu (12/9/2018) tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading