Erick Copot Ari Askhara, Menhub Bocorkan Plt Dirut Garuda

Market - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
06 December 2019 10:06
Dalam jajaran direksi Garuda Indonesia juga tak ada nomenklatur direktur keuangan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencopot Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero), Ari Askhara. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi membocorkan sosok yang sementara menggantikan tugas Ari Askhara.

"Jadi sudah kami konfirmasi, Plt Dirut adalah direktur keuangan," kata Budi Karya Sumadi ketika ditemui di sela acara yang berlangsung di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Budi Karya memang tak menyebut nama. Dalam jajaran direksi Garuda Indonesia juga tak ada nomenklatur direktur keuangan.

Kendati begitu, terdapat nomenklatur Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko yang dijabat Fuad Rizal.


Budi Karya memberi bocoran Plt Dirut ketika diberondong pertanyaan oleh awak media terkait aspek safety operasional Garuda Indonesia selama setelah Ari Askhara dicopot. Budi Karya tak ingin keamanan dan keselamatan penerbangan terganggu.

"Kalau safety itu adalah domainnya direktur operasi dan direktur maintenance. Direktur operasi dan direktur maintenance-nya sudah sesuai dengan kualifikasi tentu safety-nya enggak ada masalah," lanjutnya.

Sebelumnya, Erick Thohir mengambil langkah tegas dengan memberhentikan I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara, sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Ari diberhentikan karena terbukti menyelundupkan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton pada pesawat Airbus A330-900 Neo milik Garuda yang baru dibeli.

Pemberhentian secara resmi Ari Askhara sebagai Dirut Garuda Indonesia akan akan ditetapkan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

"Perusahaan Tbk (terbuka) tidak langsung hari ini, dan ada RUPSLB, tapi tidak tahu secepat apa, tapi langsung menunjuk Plt (pelaksana tugas). Individu yang terlibat saya minta mengundurkan diri daripada pencopotan tidak hormat. Itu hukum yang tidak enak dalam bermasyarakat," ujar Erick di gedung Bea Cukai, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Erick Murka dan Berhentikan Dirut Garuda
[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading