Dirut Garuda Dipecat, APLN Lepas Aset

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
06 December 2019 08:15
Dirut Garuda Dipecat, APLN Lepas Aset
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di akhir perdagangan kemarin Kamis (5/12/2019) berhasil ditutup menguat 0,64% ke level 6.152,12.

Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang juga ditransaksikan di zona hijau: indeks Nikkei terapresiasi 0,71%, indeks Shanghai menguat 0,74%, indeks Hang Seng naik 0,59%, dan indeks Straits Times terkerek 0,45%.


Terdapat beberapa aksi emiten yang layak disimak untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi.

1. Lepas Bisnis Rumah Sakit, Intiland Raih Dana Rp 636 M

Emiten properti PT Intiland Development Tbk (DILD) melakukan penjualan saham dan penjualan hak atas piutang pada anak perusahaan pengelola PT Surabaya Jasa Media (SJM) yang mengoperasikan National Hospital di Surabaya, Jawa Timur, dan berhasil mengantongi dana senilai Rp 636 miliar.

Direktur Intiland Archied Noto Pradono mengatakan dengan divestasi yang dilakukan pada 3 Desember ini, perseroan mendapatkan modal kerja yang dapat dialokasikan secara maksimal untuk pengembangan bisnis inti perusahaan.


2. Skandal Harley Selundupan, Karier Ari Askhara di Garuda Tamat

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan memberhentikan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara, karena terbukti menyelundupkan Harley Davidson secara ilegal lewat pesawat baru Airbus A330-900 Neo milik Garuda.

"Saya memberhentikan saudara Dirut Garuda," kata Erick dalam jumpa pers dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, di Gedung Bea Cukai, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

3. Terungkap! APLN Rupanya Sudah Jual Sofitel Hotel Bali

PT Agung Podomoro Tbk (APLN) akan rupanya sudah menjual salah satu aset perseroan, Sofitel Hotel di Bali kepada perusahaan penerbit REIT (Real-Estate Investment Trust), SH-REITS asal Thailand. Penjualan tersebut dilakukan pada Maret 2019 dengan nilai transaksi Rp 1,6 triliun.

Rupanya penjualan ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya APLN melakukan transaksi serupa dengan menjual Pullman Jakarta Central Park pada 2017.

4. Lagi-lagi, Saham Debutan Langsung Terbang 48,86% Saat Listing

Emiten tambang nikel PT Ifishdeco Tbk (IFSH) mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia melalui mekanisme penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Saat debut perdana, harga saham Ifishdeco, terpantau menguat 47,73% ke level Rp 650 per saham dari harga penawaran umum Rp 440 per saham.

5. Astra International Fokus Kembangkan SDM

PT Astra International Tbk (ASII) fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan optimistis menjalankan bisnis di bawah pemerintahan baru Presiden Jokowi jilid dua.

Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto mengatakan saat ini perusahaan telah memiliki 234 anak perusahaan dan 229 ribu karyawan yang akan menjadi fokus pengembangan ke depan.

6. Siapkan Food Suplemen, SIDO Incar Pendapatan Naik 10% di 2020

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) menargetkan pendapatan tahun depan bisa tumbuh 10% dibanding tahun ini.

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat mengatakan perusahaan berharap bisnis jamu ini bisa tumbuh dua digit tahun depan.

"Susah, buat jamu ini bisnis paling sulit. Yang lain gampang. Sekarang dari 1.800 perusahaan, yang go public hanya SIDO," ujarnya saat ditemui usai menerima penghargaan pada CNBC Indonesia Award 2019 di The Westin, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

7. Transformasi Digital, Telkom Investasi di 35 Startup Asing

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) mengaku telah mengelola 35 perusahaan rintisan atau startup di sejumlah negara.

"Sekarang sudah beberapa footprint luar negeri sudah ekspansi. Sudah 11 negara mengelola 35 startup di negara tersebut. Doakan semoga lebih baik karena representatif Indonesia," kata Direktur Strategi Portofolio Telkom, Achmad Sugiarto, saat ditemui pada malam penganugerahan CNBC Indonesia Award 2019 di Hotel Westin, Rabu (4/12/2019).

[Gambas:Video CNBC]








(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading