CNBC Indonesia Awards 2019

KPC: Batu Bara Bisa TIngkatkan Standar Hidup Masyarakat

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
04 December 2019 22:26
KPC: Batu Bara Bisa TIngkatkan Standar Hidup Masyarakat Foto: PT Kaltim Prima Coal menerima penghargaan kategori The Best Corporate Social Responsibility di Malam penganugerahan CNBC Indonesia Awards 2019 di Java Ballroom The Westin Jakarta, Rabu 4 Desember 2019. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Kaltim Prima Coal (KPC) dinobatkan sebagai The Best Corporate Social Responsibility (CSR) dalam CNBC Indonesia Award 2019. Perusahaan yang memiliki tambang batu bara terbesar ini memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan berkelanjutan.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia Wahyu Daniel kepada COO KPC Muhammad Rudy dalam malam penganugerahan CNBC Indonesia Award 2019 di Hotel Westin, Rabu (4/12/2019).

Rudy menyambut baik penghargaan ini sebagai pengakuan bahwa industri batu bara bisa meningkatkan standar hidup dan pemberdayaan masyarakat.


"Kadang batu bara dianggap miring soal lingkungan tetapi CNBC bisa mengangkatnya. Usaha yang dilakukan KPC bisa meningkatkan standar hidup dan pemberdayaan masyarakat kita. Diharapkan bisa menumbuhkan kepercayaan terhadap tambang batu bara karena tidak hanya mengeruk batu bara dalam perut bumi tetapi juga memperbaiki lingkungan bila dilakukan sungguh-sungguh," ujar Rudy di sela-sela CNBC Indonesia Awards 2019.


Foto: PT Kaltim Prima Coal menerima penghargaan kategori The Best Corporate Social Responsibility di Malam penganugerahan CNBC Indonesia Awards 2019 di Java Ballroom The Westin Jakarta, Rabu 4 Desember 2019. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Sebelumnya KPC telah berhasil menyabet 10 penghargaan di ajang Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2019. Anak dari PT Bumi Resources Tbk (BUMI) ini juga memiliki fasilitas lengkap dalam pemanfaatan sampah organik dan anorganik.

Dari tahun ke tahun, realisasi penyaluran dana CSR KPC selalu menunjukkan peningkatan. Bahkan pada tahun 2018, realisasi penyaluran dana CSR KPC telah menembus Rp 70 miliar, tepatnya senilai Rp 71,1 miliar. Sementara untuk sepanjang tahun 2019, KPC menargetkan realisasi penyaluran dana CSR untuk kembali berada di atas Rp 70 miliar, yakni senilai Rp 70,9 miliar.

Program-program CSR dari KPC meliputi pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan dan sanitasi masyarakat, pengembangan agribisnis, pengembangan UMKM, pelestarian alam dan budaya, peningkatan kapasitas kelembagaan pemerintah desa dan masyarakat, peningkatan infrastruktur, serta bantuan sosial & keagamaan.

Perusahaan juga telah menyusun Strategi Lingkungan 2020 yang semakin menunjukkan komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan. Strategi tersebut meliputi penerapan sistem manajemen lingkungan sesuai dengan standar internasional ISO 14001, efisiensi energi dan penggunaan energi terbarukan, serta perlindungan terhadap keanekaragaman hayati.

KPC juga melakukan pemanfaatan lahan pasca-tambang salah satunya dilakukan dengan pembangunan Peternakan Sapi Terpadu yang juga berfungsi sebagai tempat wisata edukasi.

Bukan hanya itu, KPC juga berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui program CSR-nya. Tahun lalu, KPC terlibat langsung dalam meringankan beban masyarakat yang menjadi korban gempa, tsunami, dan likuifaksi Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah dengan mengirimkan Emergency Response Team (ERT) di bawah koordinasi Kementerian ESDM.

[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading