CNBC Indonesia Awards 2019

Salute! Sri Mulyani Terpilih Sebagai Menteri Terbaik

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
04 December 2019 21:27
Salute! Sri Mulyani Terpilih Sebagai Menteri Terbaik Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meraih penghargaan Menteri Terbaik di Malam penganugerahan CNBC Indonesia Awards 2019 di Java Ballroom The Westin Jakarta, Rabu 4 Desember 2019. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Jakarta, CNBC Indonesia - CNBC Indonesia Award 2019 menobatkan Sri Mulyani Indrawati sebagai The Best Minister. Ada banyak alasan kenapa wanita kelahiran Bandar Lampung 26 Agustus 1962 ini mendapat penghargaan tersebut.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Founder & Chairman CT Corp Chairul Tanjung kepada Sri Mulyani pada malam penganugerahan CNBC Indonesia Awards 2019 di Hotel Westin, Rabu (4/12/2019).

Sri Mulyani Indrawati bukanlah kali pertama memegang peranan penting dalam ekonomi Indonesia. Pertama kali mengomandoi Kementerian Keuangan pada 2005 di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sri Mulyani kembali didapuk untuk menempati posisi yang sama pada tahun 2009.


Juli 2016, Presiden Jokowi mempercayakan posisi krusial tersebut kepada Sri Mulyani. Di Kabinet Kerja, srikandi Indonesia yang pernah menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia sukses mengeksekusi kebijakan tax amnesty. Total deklarasi aset mencapai Rp 3.917 triliun.

Racikan anggaran Sri Mulyani di bidang infrastruktur senilai Rp 1.698,6 T diimplementasikan dengan prinsip kehati-hatian. Hal ini tercermin dari defisit fiskal yang pada tahun 2018 dapat ditekan ke level 1,76% dari PDB, defisit fiskal terendah dalam delapan tahun.

Sri Mulyani, The Best Minister (hold)Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Kepiawaian Sri Mulyani dalam mengelola keuangan negara, mendapatkan pengakuan dari panggung internasional. 2019, majalah The Banker menobatkan Sri Mulyani sebagai menteri keuangan terbaik dunia.

Sementara Di kawasan Asia Pasifik, tiga kali secara beruntun (2017-2019) Sri Mulyani menyabet gelar sebagai menteri keuangan terbaik dari FinanceAsia. Pada tahun 2019, Sri Mulyani dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh nomor 78 di dunia oleh Forbes.

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading