Sri Mulyani Pamer Keberhasilan Tangani Ekonomi Saat Pandemi

Market - dhf, CNBC Indonesia
22 March 2022 10:40
Menteri Keuangan Sri Mulyani di acara CNBC Indonesia Economic Outlook, Selasa (22/3). (CNBC Indonesia/Tri Susilo))

Jakarta, CNBC Indonesia - Upaya pemerintah untuk memulihkan ekonomi mulai membuahkan hasil. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ia mengungkapkan, tingkat pengangguran sebelumnya di kisaran level 6%. Namun, setelah pandemi Covid-19 melanda, tingkat pengangguran baik jadi 7%.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengurangi tekanan tersebut. Hasilnya, pengangguran saat ini turun jadi sekitar 6,7%. "Sekarang, kita ciptakan 2,67 juta kesempatan baru, dalam hal ini pengangguran berkurang lagi," ujar Sri Mulyani dalam kegiatan CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3/2022).


Tak bisa dipungkiri, pandemi juga membuat angka kemiskinan naik jadi 10,2%. Tapi, perlahan tapi pasti, tingkat kemiskinan turun menjadi 9,7%.

"Ada kemiskinan ekstrim yang harus kita turunkan dalam dua tahun terakhir. Ini gambaran pemulihan ekonomi bisa membuka lapangan kerja dan turunkan kemiskinan," terangnya.

Cuma memang, tak bisa dipungkiri masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dilakukan. Terlebih, ekonomi belum sepenuhnya pulih, terutama untuk masyarakat menengah bawah.

Di sisi lain, harga komoditas sedang tinggi. Ini membuka peluang bagi pemerintah untuk memanfaatkan kenaikan tersebut dengan berbagai stimulus seperti bantuan desa dan membuka kesempatan kerja yang lebih besar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Izin ke DPR, Sri Mulyani 'Suntik' Proyek Kereta Cepat Rp4,3 T


(dhf/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading