Baru 178 Hari Jabat Bos Telkomsel, Emma Jadi Dirkeu Pertamina

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 November 2019 18:30
Baru 178 Hari Jabat Bos Telkomsel, Emma Jadi Dirkeu Pertamina
Jakarta, CNBC Indonesia - Usia jabatan Emma Sri Martini sebagai direktur utama PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel hanya sekitar 178 hari, sejak 29 Mei 2019 hingga Jumat ini 22 November 2019. Emma mulai hari ini ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi direktur keuangan PT Pertamina (Persero).

Emma ditunjuk sebagai dirut Telkomsel menggantikan Ririek Adriansyah yang kini menjabat sebagai direktur utama Telkom setelah Telkomsel menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Telkomsel Smart Office, Jakarta pada Kamis (29/5/2019).


Dalam RUPS tersebut pemegang saham Telkomsel, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). dan Singapore Telecommunications Ltd. (SingTel) melakukan penyegaran beberapa jajaran direksi.


Sebelumnya Emma menjabat sebagai presiden direktur di perusahaan pembiayaan pembangunan infrastruktur Indonesia yakni PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Sebagai presiden direktur, Ia memegang tanggungjawab dalam pengembangan strategi perusahaan dan penerapan praktek tata kelola perusahaan.

Hari ini, Erick Thohir menunjuk Emma menjadi direktur keuangan Pertamina.

"Insya Allah saya rasa sudah putus dari beliau [Presiden Jokowi]. Pak Basuki [Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok] akan menjadi komut [komisaris utama] Pertamina didampingi oleh Pak Wamen Budi Gunadi Sadikin jadi wakil komisaris utama lalu nantii juga ada dirkeu yang baru ibu Emma dari yang sebelumnya dirut Telkomsel," kata Erick di Istana Negara, Jumat (22/11/2019).

Penjelasan Erick Terkait Pergantian Direksi & Komisaris BUMN
[Gambas:Video CNBC]


Jumat tadi pagi, Emma terlihat menyambangi gedung Kementerian BUMN pagi ini sekitar pukul 10.35 WIB. Kedatangan Emma kali ini agak berbeda sebab tak bersama dengan tim dari Telkomsel, namun bersama dengan beberapa orang asal Jepang.

Ketika ditanya, dia hanya menyebutkan ada agenda meeting di kantor Menteri BUMN Erick Thohir ini.

"Mau meeting," kata mantan Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur ini ketika ditemui di lobi kementerian BUMN, Jumat (22/11/2019). (hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading