Internasional

Drama Perang Dagang Bakal Tamat, AS-China Setuju Hapus Tarif

Market - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
08 November 2019 06:29
Foto: Bendera Tiongkok dan AS berkibar di dekat Bund, jelang delegasi perdagangan AS bertemu dengan China di Shanghai, Cina 30 Juli 2019. REUTERS / Aly Song
Jakarta, CNBC Indonesia- Perang dagang kini memasuki babak baru. Amerika Serikat (AS) dan China dikabarkan bakal menghapus tarif-tarif yang diberlakukan kedua negara.

"Di dua minggu ini, para negosiator telah melakukan pembicaraan serius, diskusi konstruktif dan setuju untuk menghilangkan tarif-tarif tambahan di tiap fase (kesepakatan) sebagai progres dari perjanjian yang tengah berjalan," kata Juru Bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng, sebagaimana ditulis Bloomberg mengutip televisi pemerintah, Kamis (7/11/2019).


"Jika China, AS, mencapai kesepakatan dagang fase pertama, kedua negara harus meninjau kembali semua tarif tambahan dengan proporsi yang sama secara keseluruhan berdasarkan isi perjanjian, yang mana menjadi situasi penting untuk tercapainya kesepakatan," katanya lagi.


Komentar China ini meringankan ketidakpastian yang membebani ekonomi global. Bursa AS Wall Street bahkan mencetak rekor pada penutupan perdagangan kemarin.

Dow Jones mencatat rekor kembali setelah Selasa lalu, dengan kenaikan 180 poin atau 0,7% ke 27.674,80. Sementara S&P 500 naik 0,3% ke 3.085,18 dan Nasdaq naik 0,3% ke 8,434,52.


Sayangnya, belum ada pernyataan resmi dari AS. Namun dalam laporan eksklusif Reuters, kebijakan untuk menghapus semua tarif mendapat perlawanan dari internal Gedung Putih.

Langkah ini dianggap bukan bagian dari pembicaraan perdamaian antara Presiden AS Donald Trump dan Wakil Perdana Menteri China Liu He Oktober lalu. "Ada kesenjangan dalam administrasi mengenai apakah tarif pengembalian akan memberikan pengaruh AS dalam negosiasi," kata sumber media itu.

[Gambas:Video CNBC]




Pertemuan Terus Tertunda
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading