Kementerian BUMN Sebut 3 Nama Calon Dirut Inalum

Market - Efrem Limsan Siregar, CNBC Indonesia
07 November 2019 17:41
Kementerian BUMN Sebut 3 Nama Calon Dirut Inalum
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah memegang tiga nama yang menjadi kandidat Direktur Utama PT Inalum (Perseroan) atau MIND-ID. Nama-nama tersebut sudah diserahkan kepada presiden.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aloysius Kiik Ro mengatakan Menteri BUMN yang sudah mengantongi nama-nama tersebut.

"Inalum kan non Tbk (perushaaan tercatat di Bursa Efek Indonesia), mau ke TPA (Tim Penilai Akhir) dulu. Kan konsultasi presiden. Pak menteri yang tahu," kata Aloysius di Jakarta, Kamis (7/11/2019).


Saat ditanya siapa yang menjadi kandidat Dirut Inalum, "Ga tahu. Biasanya diajukan tiga kan."

Sejumlah nama disebut-sebut akan mengisi posisi tersebut setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan clue kandidat direktur utama.

Erick menjelaskan pengangkatan Dirut Inalum akan melalui tim penilai akhir (TPA) terlebih dahulu.

"Saya rasa 25-30 perusahaan yang besar, berdasarkan aset revenue atau profitnya memang sebaiknya melalui TPA. Walupun gimana, biar tansaparan pemilihannya dan juga yang dapat kesempatan memimpin mendapat amanah bisa langsung benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik," jelas Erick.

Terpenting kata Erick, orang cocok untuk mengisi Dirut Inalum nantinya harus menguasai ilmu keuangan, mengerti soal pertambangan, dan bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab.

"Jangan hanya mohon maaf seperti yang selalu saya bilang, megang jabatan tapi gak berkeringat. Bekeringat bukan arti politik, maksud saya dalam arti bekerja," kata dia,"

"Kita mengharap dia [Dirut Inalum] punya background financial yang kuat. Karena sebagai holding dia juga harus mengerti kondisi keuangan dari anak perusahaan yang kedua, karena ini banyak dari industri pertambangan. Harus orang yang punya latar belakang di pertambangan. Apalagi diverifikasi kan banyak, ada batu bara, dan lain-lain," ujarnya. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading