Jokowi Minta Eselon Dipangkas, Ini yang Akan Dilakukan Erick

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 October 2019 16:35
Jokowi Minta Eselon Dipangkas, Ini yang Akan Dilakukan Erick
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan tengah mempelajari perintah Presiden Joko Widodo (Widodo) terkait dengan pemangkasan jumlah eselon di setiap kementerian.

"Kita baru mempelajari, baru saja meeting dengan Pak Sesmen [Sekretaris Kementerian BUMN]," kata Erick usai Rakor dengan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Dia menjelaskan jumlah eselon tidak begitu besar. "Jumlahnya kecil, kita total jumlah pegawai di Kementerian BUMN 400 [orang] dan untuk eselon 3-4 nya lagi dipelajari, belum dapat presentasi [dari Sesmen], mestinya minggu ini," tegas pendiri Mahaka Media ini, sembari menegaskan masih menunggu hasil pembicaraan internal kementerian.



Di lain pihak, Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo juga langsung membereskan permintaan Presiden Jokowi yang ingin memangkas jumlah eselon di kementerian.

"Ada 4 poin pidato Presiden Jokowi, yang terutama soal eselonisasi harus disederhanakan mau dipangkas hanya jadi 2," kata Tjahjo di Kantornya, Rabu (30/10/2019).

"Kita ingin meningkatkan layanan target, eselonisasi itu paling lama 10 tahun dan saya mulai dari KemenPAN-RB yang bulan ini eselon III dan IV saya pangkas. Kalau minta Kementerian/Lembaga itu dimulai dari KemenPAN-RB untuk jadi contoh," imbuh mantan politisi PDI Perjuangan ini.

Foto: Menteri Pemberdayagunaan Reformasi dan Birokrasi, Tjahjo Kumolo. (CNBC Indonesia/ Cantika Adinda Putri)

Namun Tjahjo memastikan, walaupun tidak lagi ada eselon III dan IV, para PNS yang berada di jabatan tersebut tidak berkurang pendapatannya. "Secara prinsip yang terima penghasilan itu, tidak akan kita kurangi dan akan ditata," ungkap Tjahjo.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan bakal serius menyederhanakan birokrasi di pemerintahannya bersama Ma'ruf Amin untuk periode 2019-2024. Salah satu yang akan dilakukan Jokowi adalah menyederhanakan kepangkatan eselon di kementerian dan lembaga.

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja," tegas Jokowi dalam pidato pelantikannya di Gedung MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Nantinya, eselon diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi.

(tas/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading