Catat! Telkom, Indofood hingga Grup Astra Buka Lowongan Kerja

Market - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
29 October 2019 07:28
Susunan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 sudah dilantik pada pekan lalu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Susunan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 sudah dilantik pada pekan lalu dan diharapkan memberi aura positif bagi perekonomian. Selain itu, tuntasnya persoalan dalam negeri ini juga menjadi berkah tersendiri bagi dunia usaha yang kerap kali dilanda sentimen investor asing.

Dari dalam negeri, salah satu yang kerap mengganggu ialah soal pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun ternyata di luar beberapa perusahaan yang kabarnya setop operasi, masih ada kabar baik.

Kabar baik itu justru datang dari beberapa perusahaan yang siap membuka lowongan kerja di Tanah Air, baik dari perusahaan BUMN, anak usaha BUMN, dan perusahaan swasta.


Berikut beberapa BUMN dan swasta yang dirangkum CNBC Indonesia, Senin (28/2024)

1. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM)
Salah satunya emiten BUMN yang buka lowongan yakni Telkom yang berencana merekrut 1.000 karyawan baru pada 2020 dan berupaya mencari talenta terbaik di industri telekomunikasi dan teknologi informasi.

Bahkan Telkom tak segan menawarkan gaji hingga triple digit atau ratusan juta bahkan karyawan bisa mendapatkan saham TLKM.

Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara mengatakan ada tiga kategori utama untuk posisi calon karyawan yang akan direkrut. Ketiga posisi tersebut adalah developer, desainer dan data analytic.

"Kalau developer kita mencari orang yang punya visi untuk melihat apa yang menjadi kebutuhan. Desainer kita cari orang yang bisa membuat produk menjadi kebutuhan. Data analytic kalau di industri telekomunikasi dan teknologi informasi membuat bagaimana data-data itu bisa bicara. Ujung-ujungnya bisa menghasilkan profit," kata Edi, kepada CNBC Indonesia, Selasa (16/10/2019).


2. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)
Anak usaha PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) ini juga membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi di antaranya ERM Manager, Management Trainee Office-Finance, Accounting Staff, Management Trainee-Sales Operation, Management Trainee-Logistic, Internal Audit Staff, hingga Data Analyst.

Beberapa daerah penempatan di antaranya Jakarta, Cikarang, Bekasi, Bandung, Bogor hingga Yogyakarta.

Situs resmi ICBP mencatat, pendaftaran paling lambat 31 Desember 2019. Proses rekrutmen juga tidak dipungut biaya apapun. Manajemen pun menegaskan agar calon pelamar hati-hati terhadap segala bentuk jenis penipuan yang mengatasnamakan Indofood CBP Sukses Makmur.

3. PT Astra International Tbk (ASII)
Astra International juga membuka beberapa lowongan, salah satunya Product Manager, dengan syarat latar belakang pendidikan S1/S2 dari ilmu komputer, sistem informasi, manajemen bisnis, dan lainnya. Beberapa syarat lagi bisa ditelusuri di situs resmi Astra International sebagai pembanding.

Selain Product Manager, di situs resminya juga menegaskan ada 44 posisi lainnya yang ditawarkan bagi para profesional. Beberapa di antara posisi itu yakni:

- Security & Risk System Development
- Corporate Finance & Treasury
Risk Advisory
- Budget and Tax
- Corporate Planning
- Brand Analyst
- Digital Content Analyst


Adapun untuk lulusan baru, ada dua posisi lowongan yakni 2 HC Trainee dengan start fresh graduate atau maksimal 2 tahun pengalaman, kerja , ekonom, psikologi, dan teknik industri, komunikasi, dan suka hal-hal berkaitan dengan SDM


Sementara itu, Audit Trainee yakni fresh graduate dengan latar belakang akuntansi, keuangan, kompuper/IT.


4. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Guna menjaring dan membina tenaga-tenaga teknik terbaik, PLN kembali membuka rekrutmen Program D3 Kerja Sama Tahun Ajaran 2019/2020 dengan 15 Perguruan Tinggi di 14 kota. Informasi dan pendaftaran dapat diakses di situs resmi PLN.

Program ini bernama Program Diploma III Kelas Kerja Sama PLN, beberapa penguatan SDM

  • Pelatihan, dan workshop di Pusat Pendidikan dan Pelatihan PT PLN (Persero)
  • Workshop dan seminar di berbagai institusi dalam/luar negeri
  • Sertifikasi Profesional
  • Beasiswa selektif untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Perguruan Tinggi dalam/luar negeri
  • Executive dan Senior Specialist Education
  • Internal Job Posting
  • Tugas karya di anak perusahaan PT PLN (Persero)
  • Talent Pool untuk menjaring dan akselerasi karier pegawai potensial
  • Coaching, Mentoring dan Manajemen Unjuk Kerja Pegawai

Selain itu, ada juga program rekrutmen PLN yang terdiri dari dua, Fresh Graduate Recruitment dan Professional Workers Recruitment. Aplikasi Rekrutmen PLN hanya melakukan proses rekrutmen dengan sistem member online melalui aplikasi berbasis web yang dapat diakses di rekrutmen.pln.co.id.


(tas/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading