IHSG Reli 10 Hari Berturut-Turut, Saham Ini Cuan Sampai 42%

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
26 October 2019 09:04
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) catatkan rekor terbarunya. Dalam kurun waktu 10 hari perdagangan, IHSG ditutup menghijau non-stop tak ada interupsi.

Seolah sedang sprint IHSG reli 10 hari berturut-turut (10-24 Oktober) dan mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,25%. Namun pada penutupan perdagangan Jumat kemarin (25/10/2019) IHSG seolah kehabisan tenaga dan harus rela finish di zona merah.

Indeks bursa dalam negeri tersebut terkoreksi cukup dalam yaitu 1,38% pada penutupan perdagangan Jumat dibanding sehari sebelumnya. Minggu ini IHSG ditutup di level 6.252,345. Namun, secara mingguan, IHSG mencatatkan apresiasi sebesar 0,86%.


Penguatan IHSG dipicu oleh beberapa faktor. Pertama, mulusnya negosiasi dagang AS-China pada 10-11 turut membuat sebagian besar bursa dunia menghijau, tak terkecuali bursa dalam negeri.

Tidak sampai di situ saja tren tersebut terus berlanjut hingga pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berlangsung pada Minggu (20/10).

Seolah masih belum puas IHSG terus menghijau hingga pelantikan menteri kabinet Indonesia Maju digelar pada Rabu (23/10).

Beberapa nama pebisnis seperti Erick Thohir (Menteri BUMN) pendiri Mahaka Group, Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) Founder & Ex-CEO Go-Jek serta Wishnutama (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) selaku pendiri NET TV juga turut meramaikan euforia di pasar saham tanah air.

Bahkan sehari setelah pelantikan menteri diadakan, IHSG masih mencatatkan kenaikan yang signifikan.

Namun sehari setelahnya IHSG jadi loyo dan harus terkoreksi. Pelantikan wakil menteri pada Jumat kemarin seolah tak mampu memberikan sokongan tenaga untuk IHSG kembali finish di zona hijau.

Secara teknikal IHSG telah menyentuh titik jenuh belinya (overbought), ini yang membuat IHSG mengawali tren koreksinya.

Aksi profit taking tentu juga mewarnai turunnya IHSG kemarin. Lumayan kan cuannya 5,26% dalam 10 hari berturut-turut lho....

Fenomena seperti ini tergolong langka apalagi di tengah ketidakpastian global seperti sekarang ini. 

BERLANJUT KE HALAMAN 2 >> SAHAM APA YANG PALING CUAN MINGGU INI?
Saham Apa yang Paling Cuan Minggu Ini?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading