Dirut dan Mantan Dirut Bank Mandiri Jadi Wakil Menteri BUMN

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 October 2019 11:42
Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) memutuskan dua wakil Menteri BUMN yang akan mendamping Erick Thohir. Keduanya merupakan bankir Bank Mandiri.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) memutuskan dua wakil Menteri (Wamen) BUMN yang akan mendamping Erick Thohir. Keduanya merupakan bankir Bank Mandiri.

Pertama, Kartika Wirjoatmodjo yang saat ini merupakan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Ia diangkat menjadi direktur utama Bank Mandiri pada 2016 silam.

Kartika bergabung dengan Bank Mandiri pada 2003 silam. Ia menjabat sebagai Departement Head Strategys & Fianncial Analysis di Strategy and Performance Group dan kemudian diangkat menjadi Head di divisi yang sama.


Pada 2008, Kartika menjadi managing director Mandiri Sekuritas. Kartika sempat meninggalkan Mandiri ketika ditunjuk sebagai CEO Indonesia Infrastructure Finance (IIF) dan Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Pada 2015, Kartika bergabung kembali ke Bank Mandiri sebagai chief finance officer (CFO) yang dilanjutkan dengan pengangkatan sebagai direktur utama.

Kedua, Budi Gunadi Sadikin. Saat ini ia menjabat sebagai direktur utama MINE ID, yang merupakan perusahaan holding pertambangan BUMN. Sebelumnya, ia merupakan direktur utama Bank Mandiri periode 2013 hingga 2016). Setelah dari Bank Mandiri ia menjabat sebagai Staff Khusus Menteri BUMN ( 2016-2017).

Budi Bergabung dengan Bank Mandiri sebagai Direktur of Micro and Retail Banking. Ia menduduki jabatan ini selama 7 tahun kemudian menjadi direktur utama selama tiga tahun.

"Saya dengan Pak Tiko (panggilan Kartika) diminta Pak Presiden untuk membantu Pak Erick," ujar Budi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan membutuhkan lebih dari satu wakil menteri untuk mengurusi 142 BUMN yang berada di bawah pengawasannya.

Simak video penampakan 12 Wakil Menteri di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading