Tiko Dicalonkan Wamen BUMN, Siapa Jadi Mandiri-1?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
24 October 2019 06:25
Tiko Dicalonkan Wamen BUMN, Siapa Jadi Mandiri-1?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui mencalonkan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BUMN) Kartiko Wiriatmodjo sebagai salah satu kandidat Wakil Menteri BUMN. Menurut Erick, dirinya membutuhkan figur wakil menteri untuk melaksanakan tugas dalam lima tahun ke depan.

Usut punya usut, ternyata nama Kartika atau akrab disapa Tiko ini ternyata diusulkan langsung oleh Erick sendiri. Namun Erick mengatakan Tiko bukan satu-satunya.

"Iya salah satu kandidat saya rasa profesional dan lebih muda dari saya kan," kata Erick usai serah terima jabatan di Kementerian BUMN, Rabu (23/10/2019).



Erick Merasa tenaga Tiko diperlukan olehnya untuk mengurus 142 BUMN. Bahkan menurut Erick tidak hanya satu wakil menteri yang dibutuhkannya, tapi dua hingga tiga wakil menteri.

Namun hal ini belum diputuskan mengingat kementerian BUMN juga memiiliki deputi untuk mengurusi bidangnya masing-masing.

"Ya kalau 142 [BUMN] bisa dua bisa tiga bahkan Pak Presiden bilang kalau perlu lima ya dikasih. Tapi kan kita lihat lah, kan di sini [Kementerian BUMN] ada juga Pak Sesmen [sekretaris menteri], deputi, udah ada tugasnya," imbuhnya.


Kartika saat ditanya, masih enggan memberikan penjelasan secara rinci. Yang jelas, Kartika, hadir pada saat serah terima jabatan Menteri BUMN kemarin.

Saat ditanya Kartiko hanya memberikan jawaban singkat. "Belum itu, gosip...gosip," kata Kartiko, di Kementerian BUMN, Rabu (23/10/2019).

Kartiko, 46 tahun, sebelum memimpin Bank Mandiri,  pernah menjadi Kepala Eksekutif di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Erick Tohir Calonkan Kartiko Jadi Wamen, Siapa Bos Mandiri?Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading