Jokowi-Amin Dilantik, Simak 10 Saham Ini Terbang Sepekan!

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
20 October 2019 09:04
Jokowi-Amin Dilantik, Simak 10 Saham Ini Terbang Sepekan!
Jakarta, CNBC IndonesiaIndeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup positif sepanjang pekan ini (14-18 Oktober), tepatnya naik 1,41% menjadi 6.191,94 dari dari 6.105,8 pada penutupan akhir pekan lalu, yang disertai dengan tidak henti-hentinya penguatan setiap hari yang tak ada lelahnya selama periode tersebut.

Selama sepekan, data perdagangan Bursa Efek Indonesia menunjukkan indeks yang mencakup seluruh saham yang tercatat tersebut mencetak reli beruntun setiap harinya, meskipun terkadang penguatan hariannya sangat tipis.

Bahkan pada 16 Oktober IHSG hampir berakhir di zona merah tetapi terselamatkan kenaikan mendadak enam saham unggulan (blue chips) di masa injury time.


Meskipun menanjak, posisi IHSG masih jauh dari level penutupan pasar tertinggi tahun ini 6.507 pada April dan level penutupan tertinggi sepanjang masa 6.689 yang pernah terjadi pada Februari 2018.



Mengikuti penguatan IHSG, nilai kapitalisasi pasar saham Indonesia juga menunjukkan peningkatan 1,44% menjadi Rp7.119,47 triliun dari Rp7.018,6 triliun pada periode yang sama.

Data rata-rata transaksi saham sepekan juga naik, yang tercermin pada rata-rata frekuensi transaksi yang mencatatkan peningkatan sebesar 14,46% menjadi 534,35 juta kali transaksi dari 466,85 juta kali transaksi pada penutupan pekan sebelumnya.



Lalu apa saja saham yang memberi keuntungan pekan ini?

Data BEI mencatat, selama sepekan, penguatan saham terbesar dibukukan saham PT
Trinitan Metals and Minerals Tbk (PURE) yaitu sebesar 32,65% dan terendah dialami saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) 25%.

Dari sisi penguatan, secara berurutan saham yang paling menguat di bawah PURE adalah PT Steel
Pipie Industry of Indonesia Tbk (ISSP), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP), PT Mahaka Media Tbk (ABBA), dan PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA).






Penguatan IHSG sepekan terutama didukung semakin ademnya tensi investasi pasar keuangan global dari berbagai sisi, terutama yang dipicu semakin mesranya hubungan dagang Amerika Serikat (AS)-China sejak pekan lalu.

Selain itu, dari dalam negeri, penguatan dalam 6 hari perdagangan terakhir mencerminkan ada ekspektasi positif dari pelaku pasar terhadap pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin setelah dilantik pada Minggu ini 20 Oktober.




(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading