DP Turun, Ini Daftar Bunga KPR Bank Besar

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
20 September 2019 14:43
DP Turun, Ini Daftar Bunga KPR Bank Besar
Jakarta, CNBC Indonesia - Keputusan Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan 25 basis poin (bps) menjadi 5,25% dan juga melonggarkan rasio loan to value (LTV) tidak menjamin suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) turun. Pasalnya bank-bank lokal masih memasang bunga tinggi.

Penurunan BI7DRR tidak serta merta langsung berdampak pada penurunan suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) dan kepemilikan apartemen (KPA) yang ditawarkan perbankan.

Setidaknya butuh waktu sekitar 3 sampai 6 bulan bagi bank untuk melakukan penyesuaian atau adjustment. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Juda Agung.


"Secara agregat sudah terjadi penurunan deposito dan kredit. Full Adjustment butuh waktu, mengikuti delta suku bunga kebijakan, butuh waktu. Selama ini akan ikut, pasti akan ke-transmisi dengan baik, memang waktunya tidak bisa segera," tutup Juda.

Melansir situs resmi beberapa bank besar di Indonesia, suku bunga KPR masih berada di kisaran 7-13% per tahun.

Sebagai informasi suku bunga KPR dan KPA dibagi menjadi 3 jenis, yakni tetap (fixed rate), fluktuatif (floating rate) dan mengambang tapi dibatasi (capped) alias ada nilai maksimal. Fixed rate berarti suku bunga tetap untuk periode tertentu walau suku bunga pasar fluktuatif. Sedangkan floating rate artinya suku bunga mengikuti fluktuasi BI7DRR.

Bank

Tipe Suku Bunga

Nilai

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

Floating Rate

13.25%

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN)

Fixed Rate 3 Tahun

8.88%

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)

Fixed Rate 3 Tahun

8%

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA)

Fixed Rate 3 Tahun

7.25%

PT Bank Pan Indonesia Tbk (BTPN)

Fixed Rate 3 Tahun

6.88%

Sumber: Situs Resmi Perusahaan, diolah oleh Dwi Ayuningtyas

Dari tabel di atas terlihat bahwa PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menawarkan suku bunga kredit tertinggi dengan tipe floating rate sebesar 13,25% per tahun.

Sementara nilai suku bunga KPR terendah dibukukan oleh PT Bank Pan Indonesia Tbk (BTPN) dengan tingkat suku bunga fixed rate 3 tahun hanya senilai 6,88% per tahun. Namun perlu diketahui bahwa nilai tersebut adalah suku bunga promosi dan tertulis suku bunga kredit mulai dari 6,88% per tahun. Jadi, bisa saja jika kondisi keuangan pemohon beresiko, maka nilainya akan naik.

Kemudian untuk PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), tidak ada informasi tingkat suku bunga KPR di website perusahaan. Namun, berdasarkan informasi dari customer service saat ini BBNI menawarkan promo suku bunga KPR hingga akhir September, di mana suku bunga fixed rate 2 tahun sebesar 7,75% per tahun.

Suku bunga KPR PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) juga tidak dapat diakses melalui situs resmi perusahaan. Berdasarkan data dari beberapa situs pelayanan KPR, tercatat bahwa bunga KPR BBRI fixed rate satu tahun senilai 9,5% per tahun.

Kemarin (19/9/2019) Gubernur BI Perry Warjiyo memutuskan untuk memangkas BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 5,25%. Ini berarti sepanjang tahun ini sudah kali ketiga BI memotong suku bunga acuan.

Selain itu, Perry dan kolega juga memutuskan untuk melakukan relaksasi atas Loan to Value (LTV) dan Financing to Value (FTV) sebesar 5% per 2 Desember 2019 untuk kredit properti. Keputusan tersebut akan berimbas pada penurunan pembayaran uang muka atau down payment (DP) untuk pembelian rumah dan apartemen. (dwa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading