Harga CPO Anjlok 1%, Tapi Ada Peluang Naik Lagi Kok

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
18 September 2019 11:12
Harga CPO Anjlok 1%, Tapi Ada Peluang Naik Lagi Kok
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga komoditas minyak sawit mentah (CPO) di bursa acuan Malaysia dibuka melemah lumayan dalam. Sepertinya investor melakukan ambil untung (profit taking) karena kemarin harga CPO melesat tajam.

Pada Rabu (18/9/2019), harga CPO dibuka di RM 2.254/metrik ton. Anjlok 1,31% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Kemarin, harga CPO ditutup di RM 2.285/metrik ton. Melonjak 2,2% dan menyentuh titik tertinggi sejak Maret.




Kenaikan harga yang begitu tajam kemarin memancing investor untuk melakukan profit taking. Akibatnya harga CPO terkoreksi hari ini.

Akan tetapi, secara fundamental harga CPO masih punya ruang untuk kembali naik. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mencatat stok CPO Tanah Air pada Juli adalah 3,51 juta ton, turun dibandingkan posisi bulan sebelumnya yaitu 3,55 juta ton.

Selain itu, prospek kenaikan permintaan juga akan mendongkrak harga CPO. Tahun ini, impor minyak sawit China diperkirakan mencapai 6,5 juta ton, naik drastis dari tahun lalu yang 5,3 juta ton. Konsumsi minyak sawit China meningkat 20% pada tujuh bulan pertama 2019.

China berencana untuk mengimpor 6,7 ton minyak sawit tahun ini mulai Oktober nanti. Pada waktu yang sama, permintaan untuk pakan ternak dari kedelai di China turun akibat adanya flu babi dari Afrika.


TIM RISET CNBC INDONESIA


(Tirta Citradi/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading