Harga Minyak Amblas Sampai 1%, Apa yang Terjadi?

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
13 September 2019 07:29
Ilustrasi Minyak Mentah (REUTERS / Brendan McDermid)
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak dunia turun lumayan dalam pagi ini. Kabar soal hubungan Amerika Serikat (AS) dan China membuat harga si emas hitam jatuh.

Pada Jumat (13/9/2019) pukul 07:08 WIB, harga minyak jenis brent turun 0,86%. Sementara light sweet anjlok lebih dalam lagi yaitu 1,4%.

Pelaku pasar kecewa karena Gedung Putih membantah kabar yang beredar sebelumnya bahwa AS dan China sudah menyepakati perjanjian damai dagang sementara. Dalam perjanjian tersebut, tertuang AS bakal menunda pengenaan bea masuk terhadap produk-produk China.


Mengutip CNBC International, seorang pejabat senior Gedung Putih menegaskan kabar itu tidak benar. Tidak ada kesepakatan dagang interim dengan China, bahkan dipertimbangkan pun belum.

Penonton kecewa, setelah dibuai ke angkasa. Kekecewaan itu dilampiaskan dengan melepas komoditas termasuk minyak, karena prospek pemulihan ekonomi global menjadi samar-samar.

"Sekarang kita kembali mengayuh dengan hati-hati sambil menunggu apa yang terjadi di depan. Apakah itu data ekonomi, dinamika di OPEC, inventori, semuanya perlu dimonitor," kata Phillip Streible. Senior Commodity Strategist di RJO Futures yang berbasis di Chicago, seperti diberitakan Reuters.


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading