Hutchison Dekati Axiata, Ini Respons Manajemen EXCL

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
12 September 2019 18:00
CK Hutchison Holdings berencana melakukan kombinasi bisnis nirkabel di Indonesia.

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan konglomerasi asal Hong Kong, CK Hutchison Holdings berencana melakukan kombinasi bisnis nirkabel di Indonesia dengan unit bisnis Axiata Group Bhd di Indonesia yakni PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Kabar ini mengemuka belum lama ini seperti diwartakan Bloomberg yang bersumber dari beberapa eksekutif yang mengetahui pembicaraan ini, dikutip CNBC Indonesia dari Reuters, Selasa (10/9/2019).

Mengemukanya wacana ini kemudian memunculkan spekulasi mengenai kemungkinan operator Tri yang dioperasikan PT Hutchison 3 Indonesia akan melakukan konsolidasi dengan XL Axiata. Merespons informasi ini, manajemen EXCL tak mau berkomentar banyak mengenai rumor yang beredar di kalangan pelaku pasar.


"Kami tidak bisa memberikan tanggapan mengenai informasi yang spekulatif dan di luar otoritas kami. Bila membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Axiata Group sebagai pihak yang terkait," kata Group Head Corporate Communication XL Axiara Tri Wahyuningsih, saat dikonfirmasi CNBC Indonesia, Kamis (12/9/2019).

Sementara itu, Axiata Bhd juga tidak mengkonfirmasi iya atau membantah kabar tersebut. Manajemen hanya menegaskan "Axiata mampu menciptakan peningkatan nilai dan daya tarik yang signifikan dan terbukti dalam satu tahun terakhir, kami telah menarik banyak pelamar untuk bermitra dengan kami dan berusaha untuk memperoleh aset kami, termasuk Telenor, Mitsui, Sumitomo di antaranya," tulis manajemen Axiata dikutip Reuters.

Sebelumnya, pada Jumat pekan lalu (6/9/2019), Telenor asal Norwegia dan Axiata mengakhiri pembicaraan untuk membentuk perusahaan patungan telekomunikasi Mergedco.

Di tengah gagalnya kesepakatan dengan Telenor, para eksekutif mengatakan Axiata sedang membahas kesepakatan dengan pihak lain dan mempertimbangkan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) dari bisnis menara, Edotco.

"Sementara diskusi [merger] dengan Telenor berakhir saat ini, [tapi] kami terus melakukan diskusi berkelanjutan mengenai konsolidasi industri di pasar tertentu," kata Chief Financial Officer Axiata Vivek Sood dalam video konferensi dengan para analis, dikutip Reuters, Senin (9/9/2019).

Pada perdagangan Kamis sore ini (12/9/2019), saham EXCL di Bursa Efek Indonesia naik 2,45% di level Rp 3.350/saham dengan catatan aksi beli investor asing mencapai Rp 18,50 miliar.



(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading