Keyakinan Konsumen RI Terendah Sejak November 2018

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
05 September 2019 11:25
Konsumen Indonesia dinilai masih optimistis menatap kondisi perekonomian, meski optimisme itu agak menipis
Jakarta, CNBC Indonesia - Konsumen Indonesia dinilai masih optimistis menatap kondisi perekonomian, meski optimisme itu agak menipis. Bahkan optimisme konsumen berada di titik terendah sejak November 2018.

Pada Kamis (5/9/2019), Bank Indonesia (BI) merilis Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) periode Agustus yang bernilai 123,1. Angka di atas 100 menunjukkan konsumen masih optimistis.

Akan tetapi, optimisme konsumen turun dibandingkan Juli karena kala itu angka IKK berada di 124,8. Angka IKK Agustus bahkan menjadi yang paling rendah sejak November 2018.




"Masih terjaganya optimisme konsumen terutama ditopang oleh persepsi konsumen yang masih tetap positif terhadap kondisi ekonomi saat ini. Persepsi konsumen tersebut didukung oleh keyakinan terhadap ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama (durable goods) yang membaik. Di samping itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan juga masih berada pada level optimis, meskipun tidak sekuat bulan sebelumnya terutama pada perkiraan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada enam bulan mendatang," demikian sebut keterangan tertulis BI.

Pada Agustus, menurut survei BI, hampir seluruh kelompok tingkat pengeluaran responden mengalami penurunan level IKK, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp 2,1-3 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, penurunan IKK juga terjadi pada hampir seluruh kelompok usia responden, terutama pada responden berusia 51-60 tahun.

Kemudian, perkiraan konsumen terhadap kondisi perekonomian ke depan juga masih diliputi optimisme. Namun lagi-lagi, optimisme itu berkurang.

Pada Agustus, Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) tercatat 136, lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 138,4. Indeks ekspektasi penghasilan menurun sebesar 3,2 poin dari bulan sebelumnya menjadi 147.

Ekspektasi konsumen terhadap tersedianya lapangan kerja pada enam bulan mendatang juga menurun. Hal ini terindikasi dari indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja Agustus 2019 yang sebesar 122,4, lebih rendah 3,4 poin dari bulan sebelumnya.


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading