Jamu Manis BI Cespleng, Rupiah Berkuasa di Asia dan Eropa!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
19 July 2019 13:34
Jakarta, CNBC Indonesia - Performa rupiah benar-benar mengesankan hari ini. Selain menguat di hadapan dolar AS, rupiah juga perkasa terhadap mata uang utama Asia dan Eropa. 

Pada Jumat (19/7/2019) pukul 13:10 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 13.910 di perdagangan pasar spot. Rupiah menguat 0,32% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. 

Kala pembukaan pasar, rupiah sudah menguat tetapi 'cuma' 0,18%. Selepas itu, apresiasi rupiah kian menebal. Bahkan dolar AS sempat mampu dilengserkan ke bawah Rp 13.900. 



Siang ini, berbagai mata uang utama Asia juga menguat di hadapan dolar AS. Namun dengan apresiasi 0,32%, rupiah menjadi mata uang terbaik di Asia. 

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning pada pukul 13:13 WIB: 

 


Namun kekuatan rupiah tidak sekadar kala berhadapan dengan greenback. Satu lawan satu dengan mata uang Asia, rupiah pun digdaya. Mulai dari yen Jepang hingga peso Filipina berhasil ditaklukkan. 

Berikut perkembangan nilai tukar mata uang Asia terhadap rupiah pada pukul 13:16 WIB: 

 

Ternyata Asia belum cukup, rupiah ingin 'daerah kekuasaan' yang lebih luas. Beranjak ke Eropa, rupiah juga tidak terkalahkan. Melawan euro, poundsterling Inggris, sampai si safe haven franc Swiss, rupiah menguat. 

Berikut perkembangan nilai tukar mata uang utama Eropa terhadap rupiah pada pukul 13:18 WIB: 





(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
1 dari 2 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading