Terkuak! Ini 5 BUMN yang Diminta Gelar RUPSLB

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 July 2019 17:33
Terkuak! Ini 5 BUMN yang Diminta Gelar RUPSLB
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal meminta lima perusahaan pelat merah yang juga merupakan perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Deputi Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan lima perusahaan BUMN yang akan melaksanakan RUPSLB antara lain PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI), PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BBTN), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS).


Dia menjelaskan terdapat tiga tujuan pelaksanaan RUPSLB ini yakni untuk melihat kinerja laporan keuangan selama semester I-2019. Selain itu RUPSLB juga digelar untuk perubahan susunan pengurus perseroan.

"Manajemen bisa mengusulkan agenda tambahan untuk aksi korporasi yang perlu persetujuan Pemegang saham seperti akuisisi dan penerbitan bond [obligasi]," kata Gatot dalam siaran persnya, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, proses-proses ini merupakan evaluasi kinerja BUMN yang setiap tahun dilakukan. Proses RUPSLB tersebut harus dilakukan sesuai aturan main pasar modal seperti tahun-tahun sebelumnya.

Mengacu data BEI, tercatat agenda RUPS emiten bulan ini hingga Agustus mendatang hanya PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) yang akan menggelar RUPSLB pada 30 Agustus mendatang.

Simak ulasan Menteri Rini yang akan merombak jajaran direksi BUMN.

[Gambas:Video CNBC]


(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading