Mantap! Kejayaan Rupiah Membentang dari Asia hingga Eropa!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
14 July 2019 11:10
Jakarta, CNBC Indonesia - Rupiah begitu perkasa pekan ini. Di hadapan dolar Amerika Serikat (AS), rupiah berhasil menguat. Tak cuma dolar AS, mata uang utama Asia dan Eropa tidak mampu berbicara banyak di depan rupiah.

Sepanjang pekan ini, rupiah menguat 0,58% terhadap dolar AS. Bahkan pada penutupan perdagangan akhir pekan, rupiah berada di Rp 13.999/US$ yang menjadi titik terkuat sejak 26 Februari.





Namun tidak hanya dolar AS. Mata uang utama Asia juga tidak mampu membendung keperkasaan rupiah. Mulai dari yen Jepang sampai peso Filipina berhasil ditekuk oleh mata uang Tanah Air.

Rupiah paling perkasa di hadapan baht Thailand dengan apresiasi di kisaran 1%. Kemudian terhadap dolar Hong Kong, penguatan rupiah nyaris 1%.



Tidak selesai di Asia, auman rupiah terdengar pula sampai ke Eropa. Mata uang utama Benua Biru yaitu euro dan poundsterling Inggris sampai ciut mendengarnya.

Secara mingguan, euro dan sterling masing-masing melemah 0,17% di hadapan rupiah. Rupiah berada di posisi terkuat sejak 24 April terhadap euro. Sementara terhadap poundsterling, rupiah lebih mantap lagi yaitu terkuat sejak 13 September 2017.





(BERLANJUT KE HALAMAN 2)



(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading