Tips Investasi Saham

Ini 10 Sekuritas Teraktif Yang Patut Dipertimbangkan Investor

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
14 June 2019 - 18:49
Foto: REUTERS/Simon Dawson
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam melakukan investasi saham, seorang investor harus melalui broker atau sekuritas untuk melakukan jual-beli sahamnya. Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam kegiatannya sebagai perantara perdagangan efek (brokerage).

Menurut Ryan Filbert, Perusahaan Sekuritas layaknya partner dalam berinvestasi. Sudah banyak sekuritas yang menyediakan fasilitas online trading, dan juga memberi fasilitas konsultasi saham secara gratis.

Peran dari perusahaan sekuritas bisa dikatakan cukup krusial, maka dari itu menjadi penting untuk memilih broker atau perusahaan sekuritas yang terbaik dan dapat dipercaya.


Berdasarkan laporan bulanan Bursa Efek Indonesia (BEI), pada bulan April terdapat 10 broker yang memiliki frekuensi perdagangan paling ramai. Secara sekilas, banyak pelaku pasar yang bertransaksi saham dengan menggunakan jasa broker tersebut.

Banyak juga investor saham yang bertransaksi di luar 10 sekuritas tersebut, contohnya di PT Danareksa Sekuritas dan PT Bahana Sekuritas. Kedua sekuritas tersebut berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau sebagian besar sahamnya dimiliki Pemerintah Indonesia.

Dalam operasi bisnisnya, perusahaan sekuritas berbentuk Perusahaan Terbatas (PT). Perusahaan sekuritas biasanya dibagi ke dalam 2 kategori yakni sekuritas lokal dan sekuritas asing.

Pergerakan Sekuritas Asing sering kali banyak diikuti pelaku pasar karena transaksinya yang cukup besar dan berpotensi menggerakkan harga saham tertentu. Riset-risetnya pun dianggap cukup mendalam juga banyak menjadi pertimbangan pelaku pasar baik ritel maupun institusi.

Namun fee jual-beli sering kali lebih tinggi dari rata-rata sekuritas lokal berkisar 0,25% untuk transaksi beli hingga 0,35% untuk transaksi jual, atau bahkan mungkin lebih. Sedangkan sekuritas lokal berkisar dari 0,15%-0,25%.

BERLANJUT KE HALAMAN BERIKUTNYA >>>

Baca: Simak! Cara Memilih Broker 'Yang Pas' Untuk Investasi Saham (yam/yam)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading