Hebat, Rupiah Sukses Menguat 3 Hari Beruntun!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
11 June 2019 16:44
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berhasil kembali menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah berhasil lolos dari jeratan zona merah dan menguat selama tiga hari perdagangan beruntun. 

Pada Selasa (11/6/2019), US$ 1 dibanderol Rp 14.235 kala penutupan pasar spot. Rupiah menguat 0,07% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. 

Kala pembukaan pasar, rupiah menguat 0,04%. Namun itu tidak lama, karena rupiah kemudian terpeleset ke area depresiasi. 


Pelemahan rupiah bertahan hingga tengah hari. Bahkan rupiah sempat merasakan menjadi salah satu mata uang terlemah di Asia. 


Namun selepas tengah hari, nasib rupiah mulai membaik. Depresiasi mata uang Tanah Air menipis, habis, dan kemudian berhasil menyeberang ke zona hijau. Akhirnya rupiah finis dengan apresiasi 0,07%. 

Penguatan ini membuat rupiah terapresiasi selama tiga hari beruntun terhadap dolar AS. Dalam periode tersebut, rupiah menguat hingga 1,08%. 

 

Rupiah kini berada di kolam yang sama dengan mayoritas mata uang utama Asia yang mampu menguat terhadap dolar AS. Cuma yen Jepang, ringgit Malaysia, dan dolar Taiwan yang tertinggal di zona merah. 

Peso Filipina berhasil menjadi yang terbaik di Benua Kuning. Disusul oleh yuan China di posisi kedua dan baht Thailand menduduki peringkat ketiga. 

Yah, walau rupiah tidak masuk tiga besar tetapi sudah bagus lah. Setidaknya rupiah mampu melanjutkan tren positif dengan menguat tiga hari berturut-turut. 

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 16:14 WIB: 

 


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading