Sempat Ramai, Perdagangan Saham Meta Epsi Mulai Turun

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
11 June 2019 15:53
Sempat Ramai, Perdagangan Saham Meta Epsi Mulai Turun
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten pendatang baru yang mencatatkan sahamnya pada tanggal 10 April 2019 yakni PT Meta Epsi Tbk (MTPS), mengalami tren penurunan harga saham disertai dengan penurunan volume transaksi perdagangan. Data perdagangan hingga pukul 15.30 WIB, mencatat bahwa harga saham MTPS hanya naik lima poin atau 0,52% ke level Rp 960/unit saham. Volume  transaksi yang tercatat hanya mencapai 236 ribu unit saham senilai Rp 228 juta.

Sejak awal tahun, saham MTPS mengalami sangat tinggi sejak sahamnya dicatatkan pertama kali pada harga Rp 320/unit. Namun fluktuasi pada saham tersebut sangat tinggi hingga pernah diberi label Unusual Market Activity (UMA) oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). 


Belakangan volume perdagangannya turun dari puluhan miliar rupiah pada tanggal 24 dan 27 Juni 2019, menjadi hanya ratusan juta rupiah pada awal minggu ini. Kinerja sahamnya pun turun dalam 10 hari perdagangan terakhir hingga belasan persen.


Perusahaan yang diorbitkan PT NH Korindo Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek (underwriter) tersebut mengantongi dana segar sebesar Rp 200 miliar dari Initial Public Offering (IPO) bulan April lalu. Dana hasil IPO tersebut rencananya akan dipakai sepenuhnya untuk modal kerja perseroan untuk proyek baru yang sedang berjalan.

Dalam 3 tahun ke depan Meta Epsi menargetkan kontrak baru yang mencapai Rp 3 triliun. Kontrak baru per tahunnya ditargetkan mencapai Rp 1 triliun. Sementara, margin laba bersih tahun ini ditargetkan sekitar 5%.


TIM RISET CNBC INDONESIA


(yam/yam)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading