Perdagangan Lesu, Bank Dunia: PDB UE Cuma Tumbuh 1,2% di 2019

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
05 June 2019 09:08
Perdagangan Lesu, Bank Dunia: PDB UE Cuma Tumbuh 1,2% di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Dunia (World Bank/ WB) memperkirakan perekonomian Uni Eropa (UE) hanya akan tumbuh 1,2% di 2019.

Pertumbuhan itu jauh lebih rendah dibandingkan capaian 1,8% di 2018 dan merupakan pemangkasan hingga 0,4 poin persentase dibandingkan proyeksi yang dibuat Bank Dunia sebelumnya pada Januari lalu, menurut Global Economic Prospects edisi Juni 2019 yang dirilis Selasa (4/6/2019) petang waktu Amerika Serikat (AS) atau Rabu dini hari waktu Indonesia.



Meski begitu, pertumbuhan produk domestik bruto (PBD) zona euro diproyeksikan mampu membaik menjadi 1,4% di 2020 dan 2021.


"(Proyeksi) ini menggambarkan pelemahan perdagangan dan permintaan dalam negeri yang tidak akan sepenuhnya ditutupi oleh dukungan kebijakan fiskal dan moneter yang akomodatif," menurut laporan tersebut.

Kondisi perekonomian UE telah melemah dengan cepat sejak pertengahan tahun lalu, khususnya di sektor manufaktur, tulis Bank Dunia. Perlambatan tersebut utamanya tergambar dalam penurunan ekspor, khususnya menuju China, Eropa, dan Asia Tengah.



"Permintaan domestik juga telah melambat, meskipun di tingkat yang lebih rendah, karena tetap didukung oleh menurunnya angka pengangguran dan pertumbuhan upah riil yang solid," tambahnya.

Dalam laporan itu, organisasi yang berbasis di Washington, Amerika Serikat (AS), itu juga memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global hingga 0,3 poin persentase menjadi 2,6% akibat melambatnya perdagangan dunia.



Bank Dunia juga merevisi proyeksi pertumbuhan perdagangan dunia hingga satu poin persentase menjadi 2,6% tahun ini. Ini adalah angka terendah dalam satu dekade terakhir atau sejak krisis keuangan global. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading