Pekan Lalu Saat IHSG Naik, Reksa Dana Saham Cuan 2,9%

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
28 May 2019 14:01
Pekan Lalu Saat IHSG Naik, Reksa Dana Saham Cuan 2,9%
Jakarta, CNBC Indonesia - Sepanjang pekan lalu, pada periode 17-24 Juni 2019 kinerja reksa dana saham kembali mengalami perbaikan setelah seminggu sebelumnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai benchmark kinerjanya mengalami koreksi lima hari berturut-turut.

Menurut data dari Infovesta, sepanjang minggu itu reksa dana saham yang tercermin dari Infovesta Equity Fund Index (IRDSH) memperoleh cuan 2,92%. Kinerja ini berbarengan dengan penguatan IHSG yang menguat 3,99% sepanjang pekan.

"Gemilangnya kinerja IHSG sepanjang pekan lalu turut mengerek imbal hasil indeks reksa dana berbasis saham," tulis riset Infovesta, dikutip CNBC Indonesia, Selasa (28/5).

Jenis reksa dana lainnya, untuk reksa dana campuran yang diwakili oleh Infovesta Balanced Fund Index ikut menguat 2,21% sepanjang minggu yang sama.


Lalu, indeks reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang masih lesu kinerjanya. Sepanjang periode itu masing-masing hanya mengalami penguatan 0,56% dan 0,08%.

Kinerja IHSG yang berbalik arah dari minggu sebelumnya dipengaruhi oleh hasil rekapitulasi pemilihan umum presiden. Kinerja mingguan positif ini merupakan yang pertama kali terjadi sepanjang bulan Mei 2019.

"Dari total 278 produk reksa dana saham yang aktif dikelola, sebanyak 161 produk reksa dana berhasil mencetak return yang lebih tinggi dari IHSG. Selain itu terdapat 207 produk mampu berkinerja lebih baik dari IRDSH," demikian mengutip riset tersebut. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading