Ada Jokowi Effect, Ini 5 Saham Paling Cuan Pada Pekan ini

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
20 April 2019 13:53
Ada Jokowi Effect, Ini 5 Saham Paling Cuan Pada Pekan ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Perdagangan di pekan ini boleh jadi singkat, hanya tiga hari. Namun kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (ISHG) terbilang impresif. Bursa saham Indonesia ini menjadi raja Asia tenggara dengan membukukan kenaikan 1,58%. Dari banyak perusahaan yang melantai di bursa, HRME menjadi yang paling cuan dengan mencatat kenaikan 110,11%.

Berikut daftar lima saham paling cuan di pekan ini.

PT Menteng Heritage Realty Tbk. (HRME)

Baru melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 12 April lalu, HRME langsung menunjukkan kinerja meyakinkan di pekan ini. Hanya dalam tiga hari perdagangan HRME mencatat kenaikan 110,11%. HRME menjadi emiten ke-10 yang mencatatkan saham perdananya di BEI tahun ini.


HRME yang hotel The Hermitage Menteng ini menargetkan pendapatan Rp 100 miliar di tahun ini, dan berencana mengakusisi satu perusahaan pelayaran PT Global Samudra Nusantara, yang bergerak di bisnis pengangkutan barang dan beroperasi di Kalimantan.

Menteng Heritage Realty juga memiliki anak usaha yang bergerak dalam bidang perhotelan yang terletak di daerah Seminyak, Bali dengan nama The Royal Beach Seminyak Bali.

PT Meta Epsi Tbk. (MTPS)

Perusahaan ini menjadi emiten ke-8 yang mencatatkan sahamnya di BEI tahun 2019, tepatnya pada 10 April lalu. Di pekan ini MTPS membukukan kenaikan 62,67%.

Berdasarkan website resmi perusahaan, Meta Epsi menjalankan bisnis Engineering, Procurement & Construction (EPC). Jenis EPC yang dilakukan antara lain di bidang pembangkit listrik dan industri, transmisi, distribusi, minyak dan gas serta infrastruktur.

PT Capri Nusa Satu Properti Tbk. (CPRI) 
PT Capri Nusa Satu Properti menjadi emiten ke-673 di BEI dan tecatat sebagai emiten ke-9 yang melantai di bursa di tahun ini. Pencatatan saham perdana CPRI dilakukan pada 11 April lalu.

Capri Nusa Satu Properti bergerak di bidang pengembangan properti, hotel, retail dan bankir. Pengembangan yang dilakukan berupa gedung perkantoran, gedung pertemuan dan resort.

Portofolio properti yang dimilikinya saat ini antara lain W SMART Office Tower and Convention Hall dan Capri Art Office di Jakarta Timur serta The Atuh Beach Resort and Spa di Nusa Penida.

Saham CPRI membukukan kenaikan 18,79% di pekan ini.

PT Dyandra Media International Tbk (DYAN)

DYAN adalah berusaha dalam bidang jasa, pembangunan dan perdagangan. Melalui anak usahanya, Dyandra&Co menjalankan usaha penyelenggara event / pameran, bisnis pendukung event, bisnis ruang konvensi dan pameran serta bisnis hotel.

Saham DYAN menguat 18,35% di pekan ini, setelah mengungkapkan ada empat acara yang akan mendongkrak pendapat di bulan April.

Yang pertama konser John Meyer 5 April lalu yang berhasil menarik sekitar 10.000 penonton, kedua Indonesia International Weding Festival (IFWW) pada 5 - 7 April yang menghadirkan 300 vendor, dan menargetkan 50.000 pengunjung.

Dua event lainnya yakni Indonesia International Motor Show akan diselenggarakan pada 25 April - 5 Mei 2019, di JIExpo, Jakarta. Kemudian, dan Disney on Ice yang kali ini mengusung Mickey's Super Celebration, akan diselenggarakan pada 24 - 28 April 2019, ICE, BSD, Tangerang.

PT Surya Semesta Nusantara Tbk. (SSIA)

Perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi ini menjadi salah satu perusahaan yang sahamnya terkerek naik akibat Jokowi Effect jilid II. Pembangunan infrastruktur yang dibanggakan Jokowi akan terus berlanjut jika sudah resmi menduki kursi RI 1 untuk periode kedua.

SSIA tahun ini berencana ekspansi ke sektor infrastruktur, dan akan mengikuti tender untuk proyek jalan tol Cipali - Patimban. Sebelumnya, SSIA juga terlibat dalam pembangunan ruas jalan tol Cipali.

Saham SSIA naik 17,86% di pekan ini.


TIM RISET CNBC INDONESIA  (pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading