Ada Jokowi Effect IHSG Bakal ke 7.100, Sahamnya Apa Saja?

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
19 April 2019 20:57
Ada Jokowi Effect IHSG Bakal ke 7.100, Sahamnya Apa Saja?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pelaku pasar saham domestik tampaknya semakin yakin pasar saham domestik akan menyajikan kinerja ciamik menyusul hasil hitung cepat (quick count) yang memenangkan pasangan Joko Widodo (Joko Widodo) dan Ma'ruf Amin.

Senior Analis Mirae Aset Sekuritas Indonesia Hariyanto Wijaya dalam riset-nya menyampaikan hingga akhir tahun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa menyentuh level 7.123 atau naik 9,9%.

"Kami pikir terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden Indonesia akan memicu lebih banyak arus modal asing masuk ke pasar saham Indonesia," kata Hariyanto dalam Strategy Focus yang dirilis, Kamis (18/04/2019).

Menurut Hariyanto ketidakpastian dalam politik di Indonesia akan hilang setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan pernyataan resmi tentang pemenang pemilihan presiden.


Lalu saham-saham apa saja yang direkomendasikan Mirae Aset untuk jadi portofolio investasi? Pilihan utama reli pasca pemilu saham PT Ramayana Lestari Tbk (RALS), PT Ace Hardware Tbk (ACES), PT Bank Nengara Indoensia (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI), PT PP Tbk (PTPP), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Berdasarkan quick count dari beberapa lembaga survei Jokowi memenangkan pemilihan presiden dengan sekitar 54%-55% suara. "Hasil penghitungan cepat tidak mengherankan karena pembagian suara Jokowi dalam quick count tak jauh beda dengan hasil survei pra-pemilihan dan persentase suara hampir sama dengan pemilihan sebelumnya pada 2014 (53,15%," tambah Hariyanto.

Selain itu, faktor lainy yang dilihat oleh Hariyanto adalah nilai tukar rupiah yang telah menguat sebesar 2,1% YTD dengan rata-rata dari Rp14.142 /US$. Hal ini akan bertahan karena sikap dovish The Fed.

Pemilu Damai Begini Arah IHSG
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading