Duh! Ribut-Ribut AS-Uni Eropa akan Buat Wall Street Melemah

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
18 April 2019 18:30
Duh! Ribut-Ribut AS-Uni Eropa akan Buat Wall Street Melemah
Jakarta, CNBC Indonesia - Wall Street berpotensi dibuka melemah pada perdagangan hari ini: kontrak futures indeks Dow Jones dan S&P 500 mengimplikasikan penurunan masing-masing sebesar 42 dan 5 poin, sementara indeks Nasdaq Composite diimplikasikan turun sebesar 14 poin.

Pelaku pasar saham Negeri Paman Sam dipaksa bermain defensif pada hari ini seiring dengan potensi perang dagang AS-Uni Eropa yang kian nyata. Mengutip Reuters, Uni Eropa telah merilis daftar produk AS yang berpotensi dikenakan bea masuk. Nilainya mencapai US$ 20 miliar.

Produk-produk AS yang bisa terkena bea masuk di antaranya adalah pesawat terbang, helikopter, produk kimia, ikan beku, jeruk sitrus, saus sambal, tembakau, koper, traktor, hingga konsol video game.


Langkah ini merupakan balasan atas ancaman AS yang berencana memberlakukan bea masuk untuk impor produk Uni Eropa senilai US$ 11 miliar. Rencana AS tersebut dilandasi oleh kekesalan Presiden Donald Trump yang menuding bahwa Uni Eropa memberikan subsidi yang kelewat besar kepada Airbus, yang dinilainya sebagai praktik persaingan tidak sehat.

"Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menemukan bahwa Uni Eropa memberikan subsidi kepada Airbus yang kemudian mempengaruhi AS. Kami akan menerapkan bea masuk kepada (impor) produk Uni Eropa senilai US$ 11 miliar. Uni Eropa sudah mengambil keuntungan dari perdagangan dengan AS selama bertahun-tahun. Ini akan segera berakhir!" keluh Trump di Twitter pada tanggal 9 April.

Belum juga perang dagang dengan China selesai, kini perang dagang dengan Uni Eropa sudah bersiap untuk semakin menekan laju perekonomian AS.

Pada hari ini, rilis sejumlah data ekonomi penting berpotensi menentukan posisi Wall Street pada saat penutupan perdagangan. Pada pukul 19:30 WIB, data pertumbuhan penjualan barang-barang ritel dan barang-barang ritel inti (mengeluarkan mobil) periode Maret 2019 akan dirilis.

Masih pada pukul 19:30 WIB, data klaim tunjangan pengangguran untuk minggu yang berakhir pada 13 April akan dirilis.

Pada pukul 20:45 WIB, pembacaan awal untuk data Manufacturing PMI periode April versi Markit akan dirilis.

Selain itu, investor akan memantau rilis kinerja keuangan dari perusahaan-perusahaan yang melantai di Wall Street. Travelers, Union Pacific, American Express, dan Blackstone termasuk dalam deretan emiten yang dijadwalkan merilis kinerja keuangannya pada hari ini.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading