Harap-harap Cemas Pasar Tunggu Hasil Quick Count Pemilu 2019

Market - Iswari Anggit Pramesti, CNBC Indonesia
16 April 2019 16:50
Harap-harap Cemas Pasar Tunggu Hasil Quick Count Pemilu 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Mendekati pemilihan umum (pemilu) 2019, banyak pelaku pasar atau investor 'menahan langkah' mereka. Pasalnya, hasil pemilu menentukan apakah pelaku pasar akan menanamkan modalnya di Indonesia atau tidak.

Menurut Ekonom Permata Bank Josua Pardede, pelaku pasar akan merasa senang jika pemenang pemilu, baik presiden maupun legislatifnya dapat menghadirkan kebijakan yang mendorong stabilitas ekonomi.

Jika benar demikian yang terjadi, Josua meyakini aliran modal asing akan meningkat.


"Yang terutama adalah pelaku pasar mengharapkan kebijakan ekonomi yang mendorong stabilitas perekonomian dan pasar keuangan pada pemerintah periode 2019-2024 mendatang," katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (16/4/2019).

"Menurut saya, investasi di sektor riil baik PMDN dan PMA akan cenderung meningkat kembali pasca keluarnya hasil pemilu nanti."

Lebih jauh lagi Joshua menjelaskan, pelaku pasar mengharapkan adanya reformasi struktural, yang sedang terjadi pada pemerintahan saat ini.

Jika calon presiden petahana kembali memenangkan pemilu, para pelaku pasar berharap reformasi struktural bisa dilanjutkan. Hal ini karena, dalam pengamatan Joshua, para pelaku pasar menaruh harap pada program-program capres petahana, terutama di sektor pembangunan sumber daya manusia, yang menjadi tenaga kerja mereka.

"Jika incumbent yang menang, investor mengharapkan bahwa reformasi structural akan kembali dilanjutkan."

"Meskipun dampak dari paket-paket kebijakan belum terlihat, namun pelaku pasar melihat bahwa dalam lima tahun mendatang, incumbent masih akan melanjutkan pembenahan di isu-isu structural, seperti; mendorong peningkatan kualitas SDM melalui program pendidikan vokasional, serta link and match dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas tenaga kerja, yang pada akhirnya dapat menarik investasi di sektor riil, khususnya sektor industri manufaktur yang masih menjadi pendorong utama perekonomian Indonesia."








(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading