Andai Euro Bisa Ditekuk, Rupiah Sah Jadi Raja Mata Uang Dunia

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
15 April 2019 14:45
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini terus menguat di perdagangan pasar spot. Tidak cuma terhadap dolar AS, rupiah pun mampu perkasa di hadapan hampir seluruh mata uang negara anggota G20. 

Pada Senin (15/4/2019) pukul 14:22 WIB, US$ 1 dihargai Rp 14.060. Rupiah menguat 0,21% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. 

Dalam hal berhadapan dengan dolar AS, rupiah menjadi mata uang terbaik di Asia. Posisi ini dipegang sejak pembukaan pasar dan terus bertahan sampai sekarang. 



Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 14:24 WIB: 

 

Ternyata keperkasaan rupiah tidak berhenti di hadapan dolar AS saja. Rupiah juga menguat terhadap nyaris seluruh mata uang negara-negara G20. 

Hanya satu mata uang yang gagal ditaklukkan oleh rupiah, yaitu euro. Andai euro berhasil dikandaskan, maka rupiah boleh dibilang sah menjadi raja mata uang dunia.  

Sebab para anggota G20 adalah negara-negara besar yang menguasai 85% Produk Domestik Bruto (PDB) dunia. Negara-negara ini mendominasi arus perdagangan dan investasi global, sehingga mata uangnya sering digunakan. 

Berikut perkembangan nilai tukar mata uang G20 terhadap rupiah pada pukul 14:30 WIB: 

 



(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading