Dikepung E-Commerce, MAP Bakal Tambah 250 Gerai Tahun Ini

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
05 April 2019 18:09
Dikepung E-Commerce, MAP Bakal Tambah 250 Gerai Tahun Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten peritel fashion, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) akan menambah sebanyak 250 toko untuk lini bisnis fashion, sport dan boga tahun ini. Penambahan luas toko yang akan dilakukan tahun ini diperkirakan mencapai 75.000 meter persegi.

Head of Corporate Communication MAP Fetty Kwartati menyebutkan penambahan toko ini akan dipusatkan pada lini bisnis yang menjadi kunci pertumbuhan perusahaan, seperti divisi active dan food and beverages (makanan dan minuman).

"Penambahan toko akan kami fokuskan pada key growth engine [kunci pertumbuhan] seperti Planet Sport, Sport Station, fast fashion retailing seperti Zara dan Starbucks," kata Fetty saat diwawancarai di CNBC TV Indonesia, Jumat (5/4).


Dari rencana penambahan ini, gerai Starbucks akan ditambah sebanyak 50-60 gerai baru. Selain itu toko yang akan ditambah gerainya lainnya adalah Adidas, Nike, Sketchers, Zara, dan Stradivarius.


Menurut Fetty, MAP juga menaruh perhatian untuk pengembangan pasar di luar negeri. Saat ini MAP sudah memiliki toko di Vietnam dan Thailand. Dua negara ini menyumbang 8% dari total pendapatan tahunan perusahaan.

"Penambahan toko overseas [luar negeri] bakal ditambah lima toko lagi, fokusnya fashion di active sport. Pengembangan selanjutnya akan berfokus ke negara-negara Indochina," jelas dia.

Tahun ini MAP menargetkan pertumbuhan pendapatan di angka 15% dari tahun lalu. Artinya pendapatan perusahaan tahun ini ditargetkan akan meningkat menjadi Rp 21,75 triliun dari pendapatan tahun lalu senilai Rp 18,92 triliun.

Adapun laba bersih tahun ini ditargetkan minimal tumbuh 15% menjadi Rp 846,20 miliar dari tahun lalu sebesar Rp 735,83 miliar.

Tahun lalu, pendapatan MAP naik 16% menjadi Rp 18,92 triliun dari tahun sebelumnya Rp 16,31 triliun, laba bersih juga naik menjadi Rp 735,83 miliar dari tahun sebelumnya Rp 334,65 miliar.


Simak taktik peritel Mitra Adiperkasa di tengah ketatnya persaingan dan e-commerce.
[Gambas:Video CNBC]
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading