CNBC Indonesia Outlook 2019

JK: Indonesia Bukan Negara Otoriter, Kecil Potensi Konflik

Market - Monica Wareza & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 February 2019 10:01
JK menilai Indonesia bukan negara otoriter sehingga kecil kemungkinan terjadi konflik.
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan kepada pelaku ekonomi untuk tidak perlu khawatir dengan situasi politik menjelang pemilihan presiden tahun ini. JK menilai Indonesia bukan negara otoriter sehingga kecil kemungkinan terjadi konflik.

"Kita bersyukur bahwa kita bebas dari arena konflik. Hampir semua konflik yang terjadi di timur tengah, karena (pemerintahannya) otoriter." kata Jusuf Kalla, saat memberikan keynote speech dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2019 di The Westin Hotel, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

JK menilai Indonesia tidak akan bernasib seperti Irak, Syria, Libia, Yaman, Mesir, Nigeria dan Afghanistan. "Maka kita tidak seperti itu. Tidak ada indikasi. Kita sangat demokratis, tidak ada negara Islam besar yang seaman kita," kata JK.


Menurut JK, masyarakat Islam Indonesia berbeda dengan negara lain. "Islam di Indonesia disebarkan perdagangan, pedagang tidak bawa senjata, hanya bawa barang dagangan saja. Jadi walaupun pemilu ini pemilu tersulit di dunia," ungkap JK.
(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading