Wow! Berkat The Fed, Harga Emas Masih Terus Naik

Market - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
20 February 2019 15:14
Wow! Berkat The Fed, Harga Emas Masih Terus Naik
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga masih terus bertengger di zona hijau hingga siang hari ini (20/2).

Hingga pukul 14:55 WIB, harga emas kontrak April di pasar COMEX naik 0,04% ke posisi US$ 1.345,3/troy ounce, setelah melesat 1,72% pada perdagangan kemarin (19/2).

Sedangkan, harga emas di pasar spot terpantau menguat 0,1% ke posisi US$ 1342,43/troy ounce.


Selama sepekan, harga emas sudah terkerek naik 2,34% secara point-to-point. Sedangkan sejak awal tahun, harga logam mulia ini tercatat menguat 5,04%.

Sebagai informasi, saat ini harga emas berada di posisi tertingginya sejak 10 bulan yang lalu (April 2018).



Kali ini, aura positif damai dagang memberi sentuhan positif pada pergerakan harga emas. Pasalnya, investor kian optimis kesepakatan dagang antara dua raksasa ekonomi dunia bisa segera di akhiri, bahkan di minggu ini.

Bila benar terjadi, maka dolar berpeluang untuk kembali terperosok. Sebab, kala ekonomi dunia kembali lancar, maka investor akan kembali berani untuk mengambil risiko di instrumen investasi negara berkembang.

Tak heran karena pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang relatif lebih tinggi dibanding negara maju seperti AS.

Saat dolar dilego, maka emas mengambil akan mengambil momentum karena harganya akan menjadi realatif lebih murah bagi pemegang mata uang lain.

Selain itu, investor juga masih menantikan rilis notulen (minutes of meeting) dari rapat The Fed edisi Januari.

Meskipun hasilnya sudah dapat diprediksi, namun bila ada gelagat sikap yang makin kalem (dovish), maka lagi-lagi dolar berpotensi kehilangan energi.

"Perubahan yang dovish pada bahasa The Fed sepanjang tahun ini telah meningkatkan perkiraan fundamental harga emas," tulis Fitch Solution dalam catatannya (note), mengutip Reuters.

Selain itu, berdasarkan analisis teknikal yang dilakukan oleh analis pasar Reuters, Wang Tao, harga emas di pasar spot masih berpotensi naik dan mencapai puncaknya di sekitar titik resisten US$ 1.351/troy ounce. (taa/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading