Profit Taking Melanda, Indeks Shanghai Dibuka Melemah

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
14 February 2019 08:58
Profit Taking Melanda, Indeks Shanghai Dibuka Melemah
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Shanghai dibuka melemah 0,2% ke level 2.715,54, sementara indeks Hang Seng turun 0,36% ke level 28.396,4.

Investor melakukan aksi ambil untung di bursa saham China dan Hong Kong. Maklum, indeks Shanghai sudah membukukan penguatan dalam 5 hari perdagangan terakhir, sementara indeks Hang Seng sudah menguat selama 3 hari berturut-turut.

Di sisi lain, sejatinya sentimen yang ada terbilang positif untuk mendukung aksi beli di bursa saham China dan Hong Kong. Kemarin, negosiasi dagang tingkat wakil menteri antara AS dan China yang digelar di Beijing berakhir, setelah dimulai sejak hari Senin.


Presiden AS Donald Trump menyebut bahwa negosiasi berjalan dengan baik.

"Tim kami sedang melakukan negosiasi di China. Semuanya berjalan baik. Kita lihat saja nanti, tetapi semuanya baik. China sangat menunjukkan rasa hormatnya," kata Trump, mengutip Reuters.

Pada hari ini hingga besok, negosiasi tingkat menteri dijadwalkan digelar, melibatkan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Mnuchin diketahui sudah menerima laporan mengenai perkembangan negosiasi di tingkat wakil menteri yang akan menjadi bekal diskusi hari ini.

"Sejauh ini bagus," ujarnya, mengutip Reuters.

Namun ya itu tadi, penguatan yang sudah terjadi dalam beberapa hari perdagangan terakhir membuat investor memilih untuk melakukan ambil untung.

Pada hari ini, data ekspor-impor China periode Januari 2019 dijadwalkan untuk dirilis.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading