Perang Dagang Reda, Bursa Tokyo di Level Tertinggi 2 Bulan

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
13 February 2019 15:00
Perang Dagang Reda, Bursa Tokyo di Level Tertinggi 2 Bulan
Tokyo, CNBC Indonesia - Indeks Nikkei Tokyo ditutup pada level tertinggi dua bulan pada hari Rabu (13/2/2019), mengikuti kenaikan di Wall Street karena kekhawatiran tentang perang dagang Amerika Serikat (AS)-China dan penutupan pemerintah AS telah mereda.

Indeks acuan Nikkei 225 melonjak 1,34% atau 280,27 poin, menjadi 21.144,48, menandai penutupan tertinggi sejak 17 Desember. Indeks Topix yang lebih luas naik 1,06% atau 16,73 poin, menjadi 1.589,33.

Penguatan dolar terhadap yen juga mendorong investor untuk mengambil lebih banyak risiko dan membeli saham.


"Pasar terus melonjak didorong oleh optimisme akan kemajuan dalam pembicaraan perdagangan AS-China, serta meredanya kekhawatiran tentang penutupan lagi pemerintah di Amerika Serikat," kata Okasan Online Securities dalam sebuah komentar.

Kenaikan di bursa saham Hong Kong dan Shanghai membantu mendorong kenaikan lebih lanjut di bursa Tokyo hingga penutupan, kata lembaga itu, mengutip AFP.

Selain itu, Presiden China Xi Jinping berencana untuk bertemu dengan para pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) di Beijing pekan ini.

Tetapi para pelaku pasar menahan diri untuk tidak membuat keputusan agresif pada sore hari karena mereka menunggu rilis data global utama, termasuk rilis CPI AS besok dan rilis data PDB Oktober-Desember Jepang pada Kamis pagi.

Investor global juga bersorak ketika Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia akan mempertimbangkan untuk memperpanjang batas waktu untuk kesepakatan perdagangan dengan China setelah 1 Maret.

"Jika kita dekat dengan kesepakatan, di mana kita pikir kita dapat membuat kesepakatan nyata ... Saya bisa melihat diri saya membiarkan itu (perpanjangan waktu) untuk sementara waktu," kata Trump.

Komentar itu dibuat ketika putaran ketiga perundingan perdagangan dijadwalkan untuk dilanjutkan di Beijing untuk mencegah diterapkannya tarif impor tambahan sebesar 25% dari 10% pada barang-barang impor China senilai US$ 200 miliar.

Namun Presiden AS itu juga memperingatkan agar pembicaraan pendanaan terbarunya dengan Demokrat kongres tentang keamanan perbatasan tidak menghasilkan penutupan lagi.

Dolar diperdagangkan 110,61 yen di perdagangan Asia, dibandingkan 110,48 yen di New York pada Selasa malam.

Di Tokyo, saham Sony melonjak 2,60% dan ditutup menjadi 4.980 yen, dan saham investor internet SoftBank Group melesat 4,92% menjadi 10.765 yen.

Saham Honda naik 1,73% menjadi 3.001 yen, sementara Toyota tumbuh 0,30% menjadi 6.625 yen.

Saham Nissan rebound setelah terkoreksi pada pagi hari dan ditutup naik 0,74% menjadi 938,3 yen setelah pembuat mobil itu mengatakan telah memangkas proyeksinya untuk setahun penuh.

Di Wall Street, Dow Jones Industrial Average mengakhiri penurunan beruntun empat hari, melonjak 1,5% dan berakhir pada 25.425,76. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading