Waspada, Hari Ini IHSG Masih Berpotensi Melemah

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
12 February 2019 08:54
Waspada, Hari Ini IHSG Masih Berpotensi Melemah
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (12/2/2019) diperkirakan masih bergerak tak jauh berbeda dengan perdagangan level kemarin. Gerak indeks hari ini masih akan bergerak di zona negatif.

Pada perdagangan Senin (11/2/2019), IHSG ditutup terkoreksi 0,41% di level 6.495,002. Panin Sekuritas dalam risetnya pagi ini menyebutkan pelemahan indeks kemarin diberatkan oleh sektor pertambangan, industri dasar dan properti.

Koreksi ini terjadi karena nilai tukar rupiah rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat.



Sentimen lainnya, arah sentimen eksternal masih dari pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping yang belum rampung.

Secara teknikal, dengan gagalnya rebound IHSG pada perdagangan kemarin, pelaku pasar tampak ingin melengkapi gap IHSG yang masih tertinggal pada level 6.460, sehingga diperkirakan hari ini akan ada penutupan gap sebelum kenaikan dilanjutkan.

"Pada awalnya IHSG benar-benar mencoba rebound namun berakhir menurun kemarin dengan pemberat utama dari mining, basic industry, dan properti. Arah sentimen eksternal masih dari pertemuan AS-China yang belum rampung, IHSG berpotensi menurun dalam range 6.450-6.520.

Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan bahwa Bank Indonesia harus menjaga stabilitas jangka pendek sehingga mendorong capital inflow yang berguna untuk menstabilkan nilai tukar rupiah dan kegiatan ekspor, serta akan membuat ekonomi lebih menjanjikan.

Namun, sayangnya indeks masih memiliki ruang potensi melemah dan diperdagangkan pada rentang support 6.481 poin dan resistance di 6.522 pada perdagangan hari ini.

Di sisi lain, Valbury Sekuritas menilai salah satu sentimen yang negatif yakni p
elaku pasar yang masih khawatir potensi terjadi kembali penutupan pemerintah AS, karena berbagai negosiasi untuk menghentikan penutupan pemerintah telah terhenti. "Support level IHSG 6.481/6.467/6.440 dan resistance Level 6.522/6.549/6.563."
 
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading