Terendah dalam 9 Bulan, Harga Batu Bara Kian Tertekan

Market - Houtmand P Saragih & Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
12 February 2019 08:33
Pada penutupan perdagangan kemarin (11/2) harga batu bara kontrak Februari di pasar ICE Newcastle kembali terkoreksi 0,51% ke posisi US$ 96,7/metrik ton
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada penutupan perdagangan kemarin (11/2) harga batu bara kontrak Februari di pasar ICE Newcastle kembali terkoreksi 0,51% ke posisi US$ 96,7/metrik ton, setelah sebelumnya juga ditutup melemah 0,61% pada akhir pekan lalu (8/2).

Selama sepekan, harga batu bara sudah terpangkas sebesar 1,53%. Sedangkan sejak awal tahun hara komoditas ekspor andalan Indonesia ini tercatat amblas 5,2%.




Prediksi turunnya permintaan energi dunia akibat perlambatan ekonomi kuat menekan harga batu bara hingga hari ini. Pasalnya, batu bara masih menjadi sumber energi utama di sebagian besar negara dunia.

Selain itu Ekspor batu bara Australia minggu lalu juga terpangkas menjadi hanya 7,46 juta ton, dari 8,36 juta ton pada minggu sebelumnya. Mengingat Negeri Kanguru merupakan eksportir batu bara terbesar di dunia, tentunya data tersebut turut mencerminkan permintaan yang sedang lesu, mengutip Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA (taa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading