Investor Asing Balik Lagi, IHSG Melejit 1,02%

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
06 February 2019 17:02
Jakarta, CNBC Indonesia - Dibuka menguat 0,34%, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memperlebar penguatannya menjadi 1,02% per akhir sesi 2 ke level 6.547,88.

Pada perdagangan hari ini, mayoritas bursa saham utama kawasan Asia diliburkan dan hanya bursa saham Jepang yang dibuka. Pada penutupan perdagangan, indeks Nikkei menguat sebesar 0,14%.

Sentimen dari luar dan dalam negeri mendukung penguatan bursa saham tanah air. Dari sisi eksternal, Presiden AS Donald Trump mengonfirmasi pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam pada tanggal 27-28 Februari mendatang. Konfirmasi ini diberikan Trump kala memberikan pidato State of the Union di hadapan Kongres.


Selepas pertemuan Trump dan Kim pada tahun lalu, hubungan AS dan Korea Utara bisa dibilang pasang surut. Korea Utara beberapa kali mengeluarkan pernyataan keras, menyatakan keenganannya dalam melakukan denuklirisasi tanpa adanya timbal balik yang diberikan AS.

Kini, pelaku pasar kembali optimistis bahwa perdamaian di semenanjung Korea Utara bisa dicapai. Satu risiko besar yang menghantui pasar keuangan dunia yakni perang antara AS dan Korea Utara menjadi bisa diredam, setidaknya untuk saat ini.

Lebih lanjut, aura damai dagang AS-China ikut mengerek kinerja IHSG. Kemarin waktu setempat (5/2/2019), dua orang sumber mengatakan bahwa Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer akan bertandang ke China pada pekan depan untuk menggelar negosiasi dagang, seperti dilansir dari Reuters.

Pada dialog dagang yang belum lama ini digelar di AS, terungkap bahwa masih ada perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara kedua belah pihak, seiring dengan tidak adanya proposal baru dari China untuk memenuhi tuntutan AS.

Tuntutan AS yang dimaksud adalah supaya China mengakhiri transfer teknologi secara paksa, mengakhiri subsidi pemerintah untuk sektor industri, serta mengubah peraturan-peraturan yang mendiskriminasi perusahaan asal AS dalam hal digital trade.
Angka Pertumbuhan Ekonomi Buat Investor Saham Bersuka Cita
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading