Data Ekonomi Jepang Positif, Bursa Saham Asia Menghijau

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
01 February 2019 09:12
Data Ekonomi Jepang Positif, Bursa Saham Asia Menghijau
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham utama kawasan Asia kompak dibuka di zona hijau: indeks Nikkei naik 0,11%, indeks Shanghai naik 0,51%, indeks Hang Seng naik 0,9%, indeks Straits Times naik 0,13%, dan indeks Kospi naik 0,32%.

Positifnya data ekonomi Jepang memantik aksi beli di bursa saham regional. Pada pagi hari ini, tingkat pengangguran per akhir Desember 2018 diumumkan di level 2,4%, turun dari capaian periode sebelumnya yang sebesar 2,5%, seperti dilansir dari Trading Economics.

Kemudian, pembacaan final untuk data Manufacturing PMI periode Januari 2019 versi Nikkei diumumkan di level 50,3, mengalahkan konsensus Trading Economics yang sebesar 50.


Di sisi lain, kinerja bursa saham Asia dibatasi oleh hasil negosiasi dagang AS-China yang kurang menggembirakan. Pada hari Rabu dan Kamis, AS dan China menggelar negosiasi dagang tingkat tinggi yang melibatkan tokoh-tokoh penting seperti Wakil Perdana Menteri China Liu He, Gubernur Bank Sentral China Yi Gang, dan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer.

Walaupun disebut berlangsung baik oleh Presiden AS Donald Trump, ternyata belakangan terungkap bahwa hasil negosiasi dagang yang digelar di Washington tersebut tak bagus-bagus amat.

Executive Vice President and Head of International Affairs dari U.S. Chamber of Commerce Myron Brilliant mengatakan bahwa masih ada perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara kedua belah pihak seiring dengan tidak adanya proposal baru dari China untuk memenuhi tuntutan AS yakni mengakhiri transfer teknologi secara paksa, subsidi pemerintah untuk sektor industri yang besar, serta undang-undang yang mendiskriminasi perusahaan asal AS terkait digital trade.

Nampaknya, langkah yang diambil pemerintah China sejauh ini dianggap belum cukup oleh AS.

Di sisi lain, Brilliant mengatakan bahwa memang ada perkembangan yang dicapai terkait perlindungan hak kekayaan intelektual.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading