Internasional

Tak Cuma Tahan Suku Bunga, The Fed Juga Makin Dovish!

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
31 January 2019 06:25
Tak Cuma Tahan Suku Bunga, The Fed Juga Makin Dovish!
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve memutuskan menahan bunga acuannya, Rabu (30/1/2019), dan menegaskan bahwa penyesuaian suku bunga di masa depan akan dilakukan dengan sabar dan mempertimbangkan kondisi ekonomi terkini.

Dalam pernyataannya, The Fed secara bulat menyepakati untuk menahan suku bunga di kisaran 2,25% hingga 2,5%.



Berbeda dengan kebijakan beberapa tahun terakhir, bank sentral menghilangkan pernyataan "kenaikan suku bunga lanjutan secara bertahap" sebagaimana tertulis dalam pernyataan rapat di Desember lalu. The Fed juga mengatakan bank sentral kini mengadopsi pendekatan yang lebih berhati-hati.


"Menyusul perkembangan ekonomi dan keuangan global dan tekanan inflasi yang terjaga, Komite akan bersabar dalam memutuskan penyesuaian target suku bunga seperti apa di masa depan yang mungkin sesuai untuk mendukung hasil tersebut," tulis pernyataan itu, dilansir dari CNBC International.



Wall Street bersorak menyambut pernyataan lunak The Fed itu. Dow Jones Industrial Average melompat 1,77%, S&P 500 melonjak 1,55%, dan Nasdaq Composite meroket 2,2% di akhir perdagangan hari Rabu.

The Fed dalam pernyataannya juga menurunkan penilaiannya terhadap kondisi pertumbuhan ekonomi AS dari kuat menjadi solid dan mencatat bahwa inflasi telah bergerak lebih rendah dalam beberapa bulan terakhir. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading