Stimulus Fiskal Bawa Indeks Shanghai Dibuka Menguat 0,14%

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
24 January 2019 08:52
Stimulus Fiskal Bawa Indeks Shanghai Dibuka Menguat 0,14%
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Shanghai dibuka menguat 0,14% ke level 2.584,65, sementara indeks Hang Seng naik 0,25% ke level 27.075,37.

Langkah konkret pemerintah China dalam menahan perlambatan ekonomi di Negeri Panda membuat investor pede untuk berbelanja saham-saham di China dan Hong Kong. Kementerian Keuangan China kemarin (23/1/2019) menegaskan komitmennya untuk menggelontorkan stimulus fiskal pada tahun ini, termasuk pemotongan tingkat pajak dan biaya lebih lanjut.

Para ekonom mengatakan bahwa stimulus fiskal tersebut bisa diumumkan pada pertemuan parlemen tahunan di bulan Maret.


Pada tahun 2018, China memberikan stimulus fiskal berupa pemotongan tingkat pajak dan biaya senilai CNY 1,3 triliun. Melansir Reuters, beberapa analis kini percaya bahwa China dapat memberlakukan pemotongan pajak dan biaya senilai CNY 2 triliun.

Selain itu, China juga diyakini akan memperbolehkan pemerintah daerah untuk menerbitkan obligasi khusus (special bond) senilai CNY 2 triliun yang sebelumnya banyak digunakan untuk membiayai proyek-proyek penting.

Sebelumnya, tekanan besar bagi perekonomian China terkonfirmasi kala pertumbuhan ekonomi tahun 2018 diumumkan di level 6,6%, laju terlemah sejak 1990.

Pada hari ini, tidak ada data ekonomi penting yang dijadwalkan dirilis di China dan Hong Kong.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading